Liga Inggris: Apresiasi Thomas Tuchel untuk Jorginho yang Tetap Berkontribusi untuk Kemenangan Chelsea meski Tidak Fit

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 12 Des 2021, 18:15 WIB
Pemain Chelsea Jorginho melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leeds United lewat tendangan penalti pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, 11 Desember 2021. Chelsea menang 3-2. (AP Photo/Matt Dunham)

Bola.com, Jakarta - Jorginho menjadi pahlawan kemenangan Chelsea ketika menghadapi Leeds United di Stamford Bridge dalam laga pekan ke-16 Premier League, Sabtu (11/12/2021) malam WIB. Padahal pemain asal Italia itu sebenarnya dalam kondisi yang tidak fit.

Chelsea berhasil menang 3-2 atas Leeds United dalam laga pekan ke-16 Premier League. Chelsea baru berhasil memastikan kemenangan saat memasuki tambahan waktu. Jorginho menjadi penentu kemenangan The Blues.

Advertisement

Jorginho mencetak gol lewat eksekusi penalti pada menit akhir pertandingan. Sebelumnya, pemain Italia itu juga mencetak gol dari titik putih pada menit ke-58.

Chelsea sempat tertinggal dulu lewat gol penalti Raphinha pada menit ke-28. Namun, Mason Mount berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-42.

Setelah bermain imbang 1-1 pada babak pertama, Jorginho mencetak gol lewat titik putih yang membawa Chelsea unggul 2-1. Namun, Leeds United mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Joe Gelhardt pada menit ke-83.

Jorginho pun berhasil mencetak gol keduanya, dan lagi-lagi dari titik putih, pada masa injury time. Gol tersebut pun menjadi penutup laga yang berkesudahan 3-2 untuk kemenangan Chelsea itu.

2 dari 5 halaman

Pemain Penting

Pemain Chelsea Jorginho mencetak gol ke gawang Leeds United lewat tendangan penalti pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, 11 Desember 2021. Chelsea menang 3-2. (AP Photo/Matt Dunham)

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel, mengakui kalau Jorginho saat ini sudah menjadi elemen yang penting dalam tim. Dan yang luar biasa, Jorginho melakukannya dalam kondisi tidak benar-benar fit, atau mengalami sedikit cedera.

"Dia sangat penting. Jorgi sebenarnya mengorbankan dirinya sejak berminggu-minggu," kata Thomas Tuchel di situs resmi klub.

"Saya sadar bahwa saat seperti ini akan datang di mana dia akan menderita karena dia memainkan kampanye Liga Champions bersama kami, Euro bersama Italia dan semua laga kualifikasi menuju Piala Dunia," lanjut manajer asal Jerman itu.

3 dari 5 halaman

Sebenarnya Tidak Fit

Pemain Chelsea Jorginho (kiri) berebut bola dengan pemain Leeds United Tyler Roberts pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, 11 Desember 2021. Chelsea menang 3-2. (AP Photo/Matt Dunham)

Thomas Tuchel juga mengungkapkan jika Jorginho bermain melawan Leeds United dengan kondisi yang tidak fit. Manajer Chelsea itu pun angkat topi kepada gelandang asal Italia itu.

"Ini bukan hanya upaya fisik, tapi juga mental dan kemudian Jorgi juga tidak menjalani pramusim dan langsung memulai pertandingan Piala Super. Jadi saya tahu kami akan tiba di beberapa titik pada musim ini, di mana ia merasa tubuhnya tidak sepenuhnya fit," tegas Tuchel.

"Dia menyadari situasi bahwa kami merindukan Mateo Kovacic dan N'Golo Kante. Jadi dia mengorbankan dirinya dan memberikan yang terbaik," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Dua Gol Penalti Jorginho

Pemain Chelsea, Jorginho. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Jorginho membuat perbedaan dengan dua penalti yang dieksekusinya dalam pertandingan melawan Leeds United. Menurut Tuchel, Jorginho sangat pantas mendapatkannya setelah bermain dengan menahan rasa sakit.

"Dia menghabiskan berjam-jam dengan fisioterapis dan departemen medis untuk mendapatkan dirinya dalam kondisi terbaik, sehingga dua gol itu adalah hadiah besar baginya hari ini karena tidak mudah untuk mencetak dua penalti dalam satu pertandingan," lanjut Tuchel.

Sumber: Chelsea FC

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 12/12/2021)

5 dari 5 halaman

Posisi Chelsea di Premier League Saat Ini

Berita Terkait