Foto: Irfan Jaya Bikin Mental Timnas Indonesia Bangkit dan Sukses Bungkam Malaysia di Piala AFF 2020

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 19 Des 2021, 23:52 WIB
Timnas Indonesia boleh bangga setelah memastikan langkah ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B. Irfan Jaya benar-benar tampil agresif dan membuat mental timnas Indonesia bangkit saat mengalahkan Malaysia. (AFP/Roslan Rahman)
Pasukan Shin Tae-yong tampil agresif sejak menit awal. Indonesia menerapkan taktik yang sama seperti laga-laga sebelumnya dengan intensitas dan garis pertahanan tinggi. (AFP/Roslan Rahman)
Malaysia unggul terlebih dahulu lewat gol Kogileswaran Raj di menit ke-13 yang memanfaatkan blunder Irfan Jaya. (AFP/Roslan Rahman)
Meski begitu, Irfan Jaya langsung menebus kesalahannya dengan mencetak dua gol (36', 43') untuk membalikkan kedudukan. (Dok. PSSI)
Menit ke-50, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga lewat Pratama Arhan yang mengirim tembakan keras ke sudut kanan atas gawang Malaysia. (Dok. PSSI)
Menit ke-82, Indonesia kembali mencetak gol. Kali ini dimulai dari tendangan sudut Evan Dimas yang dituntaskan sundulan keras Elkan Baggott. (Dok. PSSI)
Malaysia terus mencoba di sisa laga, tapi tidak ada gol tambahan bagi kedua tim. Tambahan waktu 4 menit tidak mengubah apa pun. Skor 4-1 untuk kemenangan Indonesia. (AFP/Roslan Rahman)
Hasil ini mengantar Indonesia ke babak semifinal sebagai pemuncak klasemen. Sementara Malaysia, harus gigit jari karena hanya finis di peringkat ketiga. (AFP/Roslan Rahman)