Foto: Ricky Kambuaya, Mutiara Hitam Timnas Indonesia yang Dipoles Aji Santoso dan Makin Gacor di Tangan Shin-Tae yong

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 20 Des 2021, 17:19 WIB
Nama Ricky Kambuaya mungkin terdengar asing. Dirinya merupakan jenderal lapangan tengah baru Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020. Terbaru gelandang Persebaya Surabaya itu kembali unjuk gigi saat Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia pada laga terakhir Grup B. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Berstatus starter, Ricky Kambuaya membuktikan sebagai gelandang box to box yang tak kenal lelah. Dia hampir selalu terlibat dalam proses Skuad Garuda membangun serangan. (Dok. PSSI)
Kemampuannya terletak pada keberanian, determinasi, dan insting sebagai gelandang serang. Tidak heran ketika bersua Kamboja, Kambuaya didapuk sebagai Man of the Match. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi
Sebelum menjadi andalan Persebaya dan Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya belum begitu dikenal. Bahkan, dia lebih sering menghiasi bangku cadangan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Kejelian Aji Santoso lah yang membuat nasib Ricky Kambuaya berubah. Dia membawanya dari PSS Sleman untuk kemudian menjadikannya salah satu pemain Persebaya Surabaya yang diperhitungkan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Ricky Kambuaya menjadi pemain yang cukup bersinar bersama Persebaya. Hingga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meliriknya.(Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Salah satu yang membuat Aji Santoso tertarik dengan Ricky Kambuaya adalah skill bermain bolanya yang bagus. Hal itu ditopang dengan kemampuan membaca permainan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Ricky menjalani debutnya di Timnas Indonesia pada 7 Oktober 2021. Dia berperan penting saat skuat arahan Shin Tae-yong menang 2-1 atas Chinese Taipei dalam leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Buriram, Thailand. (Dok. PSSI)
Dalam menit bermain itu, Ricky Kambuaya membukukan catatan statistik yang cukup apik untuk seorang pemain debutan. Pemain asal Papua tersebut menorehkan 44 umpan berhasil, tiga intersep, dan satu tekel. (Dok. PSSI)
Aji sangat yakin Ricky Kambuaya akan semakin bersinar. Terpenting dia tidak cepat puas dengan apa yang dicapai saat ini dan terus menjaga kedisiplinan di dalam maupun luar lapangan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)