Foto: Pratama Arhan dan Nadeo Jadi Pembuka Jalan Kemenangan Dramatis Indonesia atas Singapura di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020

oleh Hendriyan diperbarui 25 Des 2021, 23:33 WIB
Luar Biasa! Timnas Indonesia berhasil lolos ke final usai menang 4-2 (2-2) atas Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021). Pratama Arhan dan Nadeo Argawinata mejadi aktor penting kelolosan Timnas Indonesia. (AFP/Roslan Rahman)
Timnas Indonesia langsung mendominasi permainan di awal babak pertama. Pada menit ke-11 Ezra Walian yang dipasang sejak kic-off berhasil menjebol gawang Singapura yang dikawal Hassan Sunny via sodokan kaki kiri usai memanfaatkan umpan datar Witan Sulaeman. (AFP/Roslan Rahman)
Usai unggul 1-0, Timnas Indonesia banyak membuang peluang yang semestinya menjadi gol. Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya kurang tenang dalam menyelesaikan peluanp-peluang matang di depan gawang Singapura. (AFP/Roslan Rahman)
Singapura akhirnya bisa menyamakan skor 1-1 di menit ke-4 masa injury time babak pertama. Gol yang dicetak Song Ui-yong justru terjadi usai Singapura kehilangan Safuwan Baharudin yang mendapat kartu kuning kedua dua menit sebelumnya. (AFP/Roslan Rahman)
Singapura pun unggul 2-1 melalui eksekusi tendangan bebas Shahdan Sulaiman pada menit ke-74. Gol tersebut lahir 7 menit setelah Singapura tampil dengan 9 pemain usai Irfan Fandi kembali diusir wasit dan 9 menit setelah Egy Maulana Vikri dimasukkan Shin Tae-yong. (AFP/Roslan Rahman)
Usai berada di ujung tanduk, Pratama Arhan menjadi pahlawan dengan menyamakan skor 2-2 di menit ke-87. Namun tak lama kemudian ia menjadi penyebab Indonesia dihukum penalti. Beruntung, eksekusi yang dilakukan Faris Ramli dapat ditepis Nadeo Argawinata. (AFP/Roslan Rahman)
Di menit pertama babak perpanjangan waktu, Timnas Indonesia unggul 3-2 melalui gol bunuh diri Shawal Anuar yang mendapat tekanan dari Irfan Jaya di pojok kanan gawang Singapura. (AFP/Roslan Rahman)
Timnas Indonesia menambah keunggulan menjadi 4-2 di masa injury time babak pertama perpanjangan waktu melalui Egy Maulana Vikri. Pertandingan jadi makin runyam bagi singapura usai Hassan Sunny jadi pemain ketiga yang diusir wasit di menit ke-119. Perannya digantikan Ikhsan Fandi. (AFP/Roslan Rahman)
Hingga laga usai, skor 4-2 bertahan untuk kemenangan Timnas Indonesia. (AFP/Roslan Rahman)

Berita Terkait