Foto: 5 Rekor yang Dibuat Lionel Messi pada Tahun 2021

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 28 Des 2021, 15:07 WIB
Lionel Messi berhasil mencapai kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2021. Mulai dari memenangkan trofi internasional hingga menambah gelar individunya. Berikut 5 rekor yang dibuat Lionel Messi pada tahun 2021. (AFP/Franck Fife)
Terbaru, Lionel Messi mampu meraih penghargaan Ballon d'Or yang ketujuhnya. Ia berhasil memenangkan persaingan ketat dengan Robert Lewandowski dan Jorginho. Hal tersebut menobatkan dirinya menjadi pemain dengan jumlah penghargaan Ballon d'Or terbanyak di dunia. (AFP/Franck Fife)
Ballon d'Or 2021 juga membuat Lionel Messi berhasil menjadi orang pertama yang mampu memenangkan penghargaan tersebut dalam tiga dekade terpisah, yaitu pada tahun 2000-an, tahun 2010-an, dan tahun 2020-an. (AFP/Franck Fife, Fabrice Coffrini, Olivier Morin, Fred Ddufour)
Tahun ini, Lionel Messi berhasil menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di Timnas Argentina. Ia berhasil mengungguli rekor Javier Mascherano saat melawan Bolivia di Copa America 2021. Hingga saat ini, Messi tercatat telah tampil sebanyak 158 kali bersama La Albiceleste. (AFP/Douglas Magno)
Lionel Messi juga berhasil meraih gelar sebagai pencetak gol internasional terbanyak di Amerika Selatan. Messi berhasil mengalahkan catatan legenda Brasil, Pele dengan mencetak 80 gol dalam 158 penampilannya di semua kompetisi. (AFP/Juan Mabromata)
Sebelum pindah ke PSG pada tahun 2021, Lionel Messi menghabiskan sepanjang kariernya di Liga Spanyol. Ia berhasil meninggalkan jejak sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu liga mengungguli Pele. Messi berhasil menorehkan 474 gol di Liga Spanyol. (AFP/Pau Barrena)