Foto: Kena Mental, Timnas Indonesia Langsung Tertekan dan Takluk 0-4 dari Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

oleh Hendriyan diperbarui 29 Des 2021, 23:47 WIB
Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) di Stadion Nasional Singapura. Langsung tertekan di awal laga dan akhirnya kebobolan gol cepat di menit kedua membuat mental Timnas Garuda runtuh secara perlahan. (AP/Suhaimi Abdullah)
Timnas Indonesia langsung tertekan oleh Thailand di awal laga. Baru dua menit, Thailand berhasil unggul 1-0 melalui kapten tim Chanathip Songkrasin memanfaatkan umpan Phillip Roller di sektor kiri pertahanan Indonesia. (AP/Suhaimi Abdullah)
Usai tertinggal, Ricky Kambuaya dan kawan-kawan mencoba mengembangkan permainan. Namun, mereka selalu gagal akibat kedisipinan para pemain Thailand hingga seringkali balik menekan pertahanan Indonesia. (AFP/Roslan Rahman)
Hingga memasuki pertengahan babak pertama, Witan Sulaeman masih kesulitan menembus pertahanan Thailand, bahkan seringkali membuat kesalahan sendiri. (AP/Suhaimi Abdullah)
Timnas Indonesia hampir menyamakan skor 1-1 pada menit ke-41. Peluang yang didapat Alfeandra Dewangga usai menerima umpan Witan Sulaeman belum mampu menjebol gawang Thailand yang dikawal kiper kedua, Siwarak Tedsungnoen. (AFP/Roslan Rahman)
Thailand kembali gencar menekan pertahanan Indonesia di awal babak kedua. Pada menit ke-52, Chanathip Songkrasin berhasil mencetak gol keduanya ke gawang Nadeo Argawinata lewat skema serangan balik. (AFP/Roslan Rahman)
Pada menit ke-63 Egy Maulana Vikri dimasukkan pelatih Shin Tae-yong menggantikan Ricky Kambuaya untuk meningkatkan serangan akibat stamina Ricky Kambuaya yang mulai kelelahan. (AP/Suhaimi Abdullah)
Timnas Indonesia justru kebobolan gol kembali empat menit berselang sehingga tertinggal 0-3. Supachok Sarachart mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan indah dari luar kotak penalti. (AFP/Roslan Rahman)
Timnas Indonesia semakin tertekan usai tertinggal tiga gol dengan waktu yang kian menipis. Hal ini berhasil dimanfaatkan oleh Thailand untuk mencetak gol keempat melalui Bordin Phala pada menit ke-83. (AFP/Roslan Rahman)
Tertinggal empat gol, Dedik Setiawan dan kawan-kawan masih mendapatkan beberapa peluang yang sayangnya belum berbuah gol. (AP/Suhaimi Abdullah)
Hingga laga usai, Dedik Setiawan dan kawan-kawan tidak mampu mencetak satu gol pun dan skor 0-4 menjadi modal yang terbilang berat untuk menghadapi leg kedua, 1 Januari 2022 mendatang. (AP/Suhaimi Abdullah)

Berita Terkait