Foto: 5 Nomor Sakral Pembalap yang Dipensiunkan pada Ajang MotoGP

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 25 Apr 2023, 16:13 WIB
Memensiunkan nomor tidak hanya terjadi di dunia sepak bola. Tradisi tersebut ternyata juga dilakukan di MotoGP. Berikut ini lima nomor sakral yang dipensiunkan untuk menghormati pemilik sebelumnya.
Nomor balap 74 milik pembalap asal Jepang ini dipensiunkan MotoGP. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi mendiang Daijiro Kato yang meninggal akibat kecelakaan di Sirkuit Suzuka pada 2003 silam. (AFP/Anna Zieminski)
Nicky Hayden menghembuskan nafas terakhir pada 22 Mei 2017 setelah sempat koma lima hari setelah terlibat kecelakaan. Untuk menghormati pembalap Amerika Serikat itu ada tribute khusus untuk mendiang dengan mengakhiri penggunaan nomor 69 di MotoGP. (AFP/Josep Lago)
Nomor 34 milik legenda balap Amerika Serikat ini menjadi nomor balap pertama yang dipensiunkan di MotoGP. Kevin Schwantz yang memulai karier di MotoGP sejak 1986 dan loyal dengan motor Suzuki hingga pensiun di tahun 1995 merupakan juara dunia kelas 500cc pada 1993. (AFP/Fred Dufour)
Pembalap berbakat yang digadang-gadang sebagai penerus Valentino Rossi ini mengalami kecelakaan tragis hingga meregang nyawa di Sirkuit Sepang. Untuk menghormati mendiang dan keluarganya, Dorna dan FIM resmi mempensiunkan nomor 58 milik Marco Simoncelli. (AFP/Jaime Reina)
Nomor 65 milik Loris Capirossi ini resmi dipensiunkan sebagai penghargaan bagi pembalap yang dianggap spesial. Peraih dua kali juara dunia ini masih memegang rekor juara dunia termuda kelas 125cc yang ia raih pada usia 17 tahun. (Donald Miralle/AFP)

Berita Terkait