Foto: 4 Pemain Timnas Indonesia yang Layak Naik Kelas untuk Bermain di Luar Negeri, Efek Hasil Positif di Piala AFF 2020

oleh Hendriyan diperbarui 13 Jan 2022, 13:07 WIB
Timnas Indonesia memang kembali gagal jadi yang terbaik di kesempatan keenamnya dalam ajang Piala AFF 2020 lalu. Namun skuat Garuda mampu menampilkan penampilan ciamik hingga partai final, termasuk 4 pemain berikut yang layak untuk bermain di luar negeri. (AFP/Roslan Rahman)
Pratama Arhan. Bek kiri Timnas Indonesia milik PSIS Semarang berusia 20 tahun yang tampil cemerlang dalam ajang Piala AFF 2020 dengan menyabet gelar pemain muda terbaik ini kabarnya tengah diminati oleh klub Korea Selatan yang berkompetisi di K-League 2, Daejeon Hana Citizen. (AP/Suhaimi Abdullah)
Dalam update terakhir, Daejeon Hana Citizen juga tertarik mendatangkan pemain Vietnam, Vu Van Thanh yang bermain di klub domestik, Hoang Anh Gia Lai. Entah siapa yang akan benar-benar direkrut oleh Daejeon Hana Citizen, meskipun keduanya juga berpeluang direkrut bersamaan. (AFP/Roslan Rahman)
Ricky Kambuaya. Gelandang Timnas Indonesia milik Persebaya Surabaya berusia 25 tahun ini mampu tampil apik di lini tengah Timnas Indonesia dalam Piala AFF 2020 lalu. Satu gol dan satu assist dikoleksinya ditambah dengan dua penghargaan Man of The Match dalam dua laga. (AP/Suhaimi Abdullah)
Persebaya sebagai pemilik Ricky Kambuaya memberi lampu hijau jika ada tawaran dari klub luar negeri untuk merekrut pemain yang saat pulang ke kampung halamannya, (10/1/2022) mendapatkan hadiah sepeda motor hasil sumbangan DPRD Kota Sorong dan mantan klubnya, Persikos Kota Sorong. (AFP/Roslan Rahman)
Ramai Rumakiek. Wonderkid Timnas Indonesia milik Persipura Jayapura berusia 19 tahun ini tampil memikat selama berlangsungnya Piala AFF 2020 lalu. Tampil 7 kali, ia berhasil menyumbang 1 gol dan mampu menjadi motor serangan dengan kelincahan dan kecepatannya berlari. (AP/Suhaimi Abdullah)
Dengan usia yang masih sangat muda, potensinya masih bisa diandalkan bersama Timnas U-23 hingga beberapa tahun mendatang. Jika mendapat tawaran dari klub luar negeri, tentu kiprahnya bisa menjadi pengalaman yang berharga untuk mematangkan kemampuan dan potensinya. (AP/Suhaimi Abdullah)
Alfeandra Dewangga. Bek Timnas Indonesia milik PSIS Semarang berusia 20 tahun ini tampil dalam seluruh laga Timnas Garuda, yaitu 8 kali di Piala AFF 2020. Perannya tak tergantikan dalam menggalang lini pertahanan dengan serangkaian intercept dan tekel yang memberi rasa aman. (AP/Suhaimi Abdullah)
Penyumbang 1 assist di Piala AFF 2020 lalu ini kabarnya tengah bernegosiasi dengan salah satu klub di Thai League 1 dan akan segera bergabung pada Agustus 2022 nanti. Hingga Liga 1 berakhir, ia masih dipercaya menjadi bagian dari skuat PSIS Semarang. (AFP/Roslan Rahman)