Foto: Hakimi dan Mane Jadi Aktor Utama Kemenangan Negaranya untuk Melaju ke Perempatfinal Piala Afrika 2021

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 26 Jan 2022, 08:47 WIB
Senegal dan Maroko berhasil menyegel tiket perempatfinal Piala Afrika 2021. Achraf Hakimi dan Sadio Mane menjadi aktor utama kemenangan bagi masing-masing negaranya tersebut. Berikut ulasannya. (Foto Kolase: AFP/Kenzo Tribouillard dan Pius Utomi Ekpei)
Maroko menjadi tim terbaru yang lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Malawi di Ahmadou Ahidjo Stadium, Yaounde, Kamerun, Rabu (26/1/2022) dini hari WIB. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Maroko sejatinya tertinggal terlebih dahulu ketika Malawi mencetak gol pada menit ketujuh lewat tembakan spektakuler yang dilepas Gabadinho Mhango dari jarak jauh. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Untungnya, Maroko berhasil menyamakan kedudukan di penghujung babak pertama. Gol tersebut dicetak oleh striker Sevilla, Youssef En-Nesyri lewat tandukannya. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Maroko sukses mengambil alih keunggulan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-70. Achraf Hakimi yang ditunjuk sebagai eksekutor tendangan bebas sukses menyarangkan bola ke gawang Malawi yang dijaga Charles Thom. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga laga usai. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Di sisi lain, Senegal sebenarnya telah terlebih dahulu lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021 usai menyingkirkan Cape Verde pada Selasa (25/01/2022) di Stade Omnisports de Bafoussam, Kamerun. (AP/Sunday Alamba)
Laga tersebut diwarnai dengan insiden yang melibatkan Sadio Mane dan penjaga gawang Cape Verde, Vozinha. Kepala Mane dan Vozinha berbenturan saat keduanya mencoba menggapai bola atas. Alhasil, kiper Cape Verde tersebut harus diganjar kartu merah usai meninjau VAR. (AFP/Pius Utomi Ekpei)
Sementara itu, Sadio Mane tetap melanjutkan laga dan sukses mencetak gol pembuka pada menit ke-63. Meskipun begitu, ia sempat terbaring meski membawa negaranya unggul satu angka. Diduga, Mane mengalami gegar otak dan harus diganti pada menit ke-70. (AFP/Pius Utomi Ekpei)
Pengganti Mane, Bamba Dieng juga sukses mencetak gol di menit ke-90+2. Gol tersebut sekaligus menutup keunggulan 2-0 Senegal atas Cape Verde sekaligus menyegel tiket perempatfinal Piala Afrika 2021. (AFP/Pius Utomi Ekpei)