Foto: Mengenal 6 Test Rider di MotoGP 2022, Para Joki Penguji Kuda Besi

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 10 Feb 2022, 15:23 WIB
Cal Crutchlow dipercaya menjadi test rider Yamaha sejak 2021. Pembalap Inggris tersebut sebelumnya telah lama berkecimpung di MotoGP. Memulai karier sejak 2011, Cal Crutchlow telah mengantongi 19 podium di MotoGP. Ia merupakan sosok penting di balik motor Yamaha YZR-M1. (AFP/Adrian Dennis)
Sebelum memulai kariernya sebagai test rider di tim KTM pada 2019, Dani Pedrosa merupakan sosok pembalap hebat di MotoGP. The Little Samurai pernah menjadi tiga kali runner-up pada 2007, 2010, dan 2012. Peran Pedrosa dalam memajukan RC16 juga sangat diakui. (AFP/APA/Erwin Scheriau)
Michele Pirro sangat berjasa dalam pengembangan motor Ducati Desmosedici. Pengalamnnya sebagai test rider di Ducati cukup panjang, yaitu sejak 2013. Kesuksesan Ducati menyabet konstruktor terbaik pada tahun 2021 lalu tak lepas dari peranannya. (AFP/Andreas Solaro)
Stefan Bradl menjadi test rider kepercayaan tim Honda. Ia juga pernah menggantikan pembalap utama, Marc Marquez semusim penuh pada 2020. Kariernya di balap kuda besi juga cukup panjang, mulai dari Moto2, MotoGP, hingga WSBK. (AFP/Karim Jaafar)
Lorenzo Savadori ditunjuk sebagai test rider utama di tim pabrikan Aprilia mulai tahun 2022. Sebelumnya, ia merupakan pembalap penguji kedua bersama Bradley Smith. Pengalaman Lorenzo Savadori di MotoGP terbilang belum banyak, namun sudah malang melintang bersama Aprilia. (AFP/Joe Klamar)
Peran Sylvain Guintoli cukup besar dalam pengembangan Suzuki GSX-RR yang membawa Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP pada 2020 lalu. Ia merupakan pembalap yang cukup berpengalaman di kelas intermediet MotoGP. Selain itu, Guintoli juga merupakan juara dunia WSBK 2014. (AFP/Mohd Rasfan)

Berita Terkait