Foto: 5 Pembalap Italia yang Digadang-gadang Jadi Penerus Kesukesan Valentino Rossi di Ajang MotoGP

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 16 Feb 2022, 17:23 WIB
Sejak Rossi menjadi juara dunia pada 2009 silam, hanya sedikit pembalap Italia yang mampu tampil kompetitif. Bahkan, pada musim-musim berikutnya, kebanyakan didominasi oleh para pembalap Spanyol. Namun, Beberapa tahun ini telah muncul kembali bibit-bibit trah kesuksesan VR46. (AFP/Giuseppe Cacace)
Francesco Bagnaia merupakan pembalap jebolan akademi VR46 yang mengawali kariernya di MotoGP bersama tim satelit Pramac Racing pada 2019. Ia terus berkembang dan akhirnya dipromosikan ke tim utama. Di musim perdananya, Pecco sukses menjadi runner up juara dunia MotoGP. (AFP/Patricia De Melo Moreira)
Meski tampil dengan motor Desmosedici 2019, Enea Bastianini berhasil tampil memukau bersama tim Ducati-Avintia pada musim lalu. Ia bahkan mampu bersaing dengan pembalap pabrikan utama Jack Miller dan Pecco. Bastianini diperdiksi akan tampil lebih baik pada musim 2022. (AFP/Andreas Solaro)
Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli harus absen panjang pada musim lalu usai mengalami cedera parah. Hal tersebut membuatnya tampil kurang kompetitif. Namun, usai menyelesaikan tes pramusim, ia mulai menemukan kembali rasa percaya dirinya. (AFP/Andreas Solaro)
Luca Marini dipercaya sebagai pembalap di tim debutan MotoGP pada tahun ini, yaitu Mooney VR46 Racing Team. Sejak promosi pada 2021 lalu, Saudara tiri Valentino Rossi tersebut telah banyak menimba pengalaman untuk mampu tampil lebih kompetitif pada musim ini. (AFP/Lluis Gene)
Andrea Dovizioso bukanlah nama baru di ajang MotoGP. Menjalani musim debutnya pada tahun 2008, ia telah melanglang buana ke berbagai tim MotoGP, seperti Honda, Yamaha, dan Ducati. Periode terbaiknya adalah pada 2017 hingga 2019. Saat ini, Dovi tergabung di tim WithU Yamaha RNF. (AFP/Ahmad Fadli)

Berita Terkait