Alasan Pelatih Malaysia U-23 usai Digilas Laos pada Piala AFF U-23 2022: Banyak Pelanggaran Konyol

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 19 Feb 2022, 17:00 WIB
Timnas Malaysia U-23 (dok. FAM)

Bola.com, Phnom Penh - Pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney, menyayangkan kekalahan 1-2 dari Laos pada laga pembuka Grup B Piala AFF U-23 2022, Jumat (18/2/2022). Menurut Brad Maloney, timnya kebobolan melalui dua gol konyol sehingga harus menelan kekalahan.

Pada laga yang digelar di Prince Stadium, Timnas Malaysia sebenarnya berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui Selvan Anbualagan pada menit ke-45+2. Namun, pada babak kedua Laos berhasil bangkit.

Advertisement

Laos sukses membalikkan keadaan melalui gol Bounphachan Bounkong (56') dan Phetdavanh Somsanid (79'). Hingga laga usai tak ada lagi gol yang terjadi.

"Kami sedikit kehilangan arah pada babak kedua dan kebobolan melalui beberapa pelanggaran konyol pada area berbahaya. Terutama ketika kami kebobolan gol kedua," kata Brad Maloney seperti dikutip Bernama.

Brad Maloney berharap, kekalahan ini bisa menjadi pelajaran buat timnya. Malaysia akan kembali menghadapi Laos pada laga penentuan sekaligus terakhir di penyisihan Grup B pada Senin (21/2/2022).

"Kekalahan ini tentu menjadi pelajaran bagi kami. Jika ingin melaju ke semifinal, kami harus mendapatkan hasil positif pada pertandingan berikutnya," tegas pelatih asal Australia itu.

Kemenangan ini membuat Laos menjadi penghuni puncak klasemen sementara Grup B dengan raihan tiga poin. Adapun Timnas Malaysia berada di urutan kedua dengan nol poin.

2 dari 2 halaman

Syarat untuk Malaysia

Timnas Malaysia U-23 menggelar pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23 2022. (dok. FAM)

Timnas Malaysia membutuhkan kemenangan dengan selisih minimal dua gol untuk bisa melaju ke babak semifinal Piala AFF U-23 2022. Bila menelan kekalahan atas hanya menang 2-1 maka pertandingan akan dilanjut ke babak perpanjangan waktu.

Bila tak ada perubahan yang terjadi maka pemenang akan ditentukan melalui drama adu penalti. Syarat yang tak mudah buat Malaysia untuk meraih tiket semifinal.

Adapun Laos cukup mengincar hasil imbang dengan skor berapa saja melawan Malaysia nanti. Namun, tetap saja skenario tersebut penuh dengan risiko.