Victor Igbonefo dan Diego Michiels, Duo Bek Naturalisasi yang Sukses dalam Sejarah Timnas Indonesia

oleh Aryo Atmaja diperbarui 25 Feb 2022, 10:15 WIB
Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Program naturalisasi kembali dilakukan PSSI baru-baru ini, demi membangun kekuatan untuk Timnas Indonesia. Naturalisasai diharapkan menjadi jalan tepat demi membentuk Timnas Indonesia yang tangguh dan bersaing.

PSSI dan pemerintah terlihat lebih selektif dalam melakukan naturalisasi pemain. Selain harus memiliki darah keturunan Indonesia, para pemain yang bakal pindah jadi WNI itu juga harus benar-benar punya kualitas mumpuni.

Advertisement

Belakangan muncul dua nama yang bakal segera berseragam Timnas Indonesia. Dua sosok itu adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Keduanya saat ini sama-sama memperkuat klub di Jupiler Pro League, kasta teratas Liga Belgia.

Program naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia sebenarnya bukan hal yang baru, lantaran sudah dilakukan sejak tahun 2010. Saat itu, nama pemain berdarah Uruguay, Cristian Gonzalez mendapat paspor Indonesia dan bisa membela Tim Garuda di Piala AFF 2010.

Tidak banyak pemain naturalisasi dapat memberikan kontribusi istimewa untuk Timnas Indonesia. Namun ada juga pemain yang terbilang lumayan membawa dampak positif. Termasuk dua bek naturalisasi yang diulas Bola.com berikut ini.

Kedua nama tersebut adalah Victor Igbonefo dan Diego Michiels. Kedua pemain tersebut berposisi sebagai pemain belakang berstatus naturalisasi. Dua nama ini setidaknya sudah memberikan kontribusi maksimal untuk perjalanan Timnas Indonesia.

 

 

2 dari 3 halaman

Victor Igbonefo

2. Victor Igbonefo - Mantan pemain Persib Bandung ini menjadi pilihan Simon McMenemy dalam menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia. Tubuh yang kekar dan fisik yang kuat diharapkan bisa menjadi momok bagi penyerang lawan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sosok Victor Igbonefo bisa dibilang sebagai pemain paling senior di Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 202O bulan Desember 2021 lalu. Pemain berdarah Nigeria itu pertama kali dinaturalisasi tahun 2011.

PSSI telah mengumumkan bahwa Victor sudah resmi dinaturalisasi pada 10 Oktober 2011, sehingga ia bisa bermain untuk tim nasional sepak bola Indonesia dalam kampanye FIFA 2014 kualifikasi Piala Dunia. Ia melakukan debut untuk tim nasional sepak bola Indonesia pada 23 Maret 2013 melawan Arab Saudi dalam ajang Pra Piala Asia 2015.

Total, Victor Igbonefo bermain sebanyak 14 kali untuk tim Merah-putih sejak tahun 2013. Ia memang belum sempat mencetak gol, namun kontribusinya untuk Timnas Indonesia lumayan baik.

Dalam penampilan terakhirnya bersama Timnas Indonesia, Pemain naturalisasi berusia 36 tahun ini minim kesempatan bermain di Piala AFF 2020. Ia baru diturunkan Shin Tae-yong satu kali ketika Timnas Indonesia melawan Kamboja.

Saat itu, Igbonefo dimainkan sebagai pemain pengganti. Ia masuk menggantikan Ryuji Utomo pada menit ke-46. Dalam satu pertandingan selama babak kedua itu, Igbonefo tidak mengecewakan. Sebab, bek Persib ini memiliki statistik yang lumayan.

3 dari 3 halaman

Diego Michiels

Awalnya Diego merasa rasa canggung dan segan saat memasuki lapangan. Namun semua berubah kala Dendi Santoso dan Ahmad Alfarizi menyapanya. Mereka pernah sama-sama di Timnas Indonesia U-23 tahun 2011 silam. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Nama Diego Michiels sempat menghiasi skuad Timnas Indonesia sejak dinaturalisasi. Pemain berdarah Belanda tersebut melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2011 kemudian berlanjut ke Piala AFF 2012 untuk timnas senior.

Pada periode tahun 2011-2013, Diego Michiels mencatatkan 16 kali penampilan untuk Timnas Indonesia U-23. Kemudian berlanjut di Timnas senior dengan catatan penampilan sebanyak tiga kali.

Prestasi tertingginya adalah membawa Timnas Indonesia U-23 menjadi runner-up SEA Games 2011 di Jakarta. Ia tampil stabil sejak fase penyisihan grup, meski sayangnya harus mengakui kekalahan dari Malaysia di partai final melalui adu penalti.

Saat ini Diego Michiels berkarier di Arema FC untuk mengarungi BRI Liga 1 2021/2022, sebelumnya bermain untuk Borneo FC. Total ia mencatatkan 15 penampilan di musim ini, dan sudah lama tidak berseragam Timnas Indonesia.

Berita Terkait