Foto: Miguel Oliveira Juara MotoGP Mandalika 2022, Spesialis Juara di Sirkuit Debutan

oleh Hendriyan diperbarui 20 Mar 2022, 20:33 WIB
Pembalap Portugal dari tim Red Bull KTM, Miguel Oliveira berhasil menjadi yang tercepat di kelas MotoGP dalam gelaran perdana Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB, Minggu (20/3/2022). (AP/Achmad Ibrahim)
Miguel Oliveira menjadi yang tercepat dalam balapan yang dipangkas menjadi 20 lap (seharusnya 27) akibat tertundanya balapan karena hujan deras. Miguel Oliveira mencatat waktu tercepat 33 menit 27,223 detik. (AP/Achmad Ibrahim)
Memulai balapan dari posisi ke-7, Miguel Oliveira (kiri) langsung mengambil alih pimpinan dari Fabio Quartararo (kanan) yang menempati pole position di lap kedua. (AP/Achmad Ibrahim)
Sempat disalip Jack Miller, Miguel Oliveira kembali merebut posisi pertama di lap ke-4 dan terus melaju di posisi terdepan. (AP/Achmad Ibrahim)
Saat balapan menyisakan lima lap, Fabio Quartararo berhasil merangsek masuk hingga posisi ketiga untuk menyalip posisi Johann Zarco. Bahkan Fabio Quartararo akhirnya mampu melewati Jack Miller di posisi kedua. (AP/Achmad Ibrahim)
Jack Miller kembali dilewati Johann Zarco di posisi ketiga. (AP/Achmad Ibrahim)
Posisi tersebut bertahan hingga akhir balapan. Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang, diikuti Fabio Quartararo yang finis di posisi kedua dan Johann Zarco mengisi tempat ketiga. (AP/Achmad Ibrahim)
Kemenangan Miguel Oliveira ini merupakan yang kedua kalinya diraih saat berlaga di sirkuit debutan. Sirkuit debutan pertama yang ia taklukkan adalah Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, pada 2020 lalu. (AFP/Patricia De Melo Moreira)
Pemegang rekor terbanyak sebagai juara di sirkuit debutan adalah Marc Marquez yang mampu menang di tiga sirkuit debutan. Sayang, usahanya untuk mempertajam rekornya di Sirkuit Mandalika tak terjadi karena harus mundur akibat cedera serius saat sesi pemanasan. (AP/Achmad Ibrahim)
Miguel Oliveira dengan bangga menerima trofi juara MotoGP Mandalika 2022 dari Presiden RI Joko Widodo. (AP/Achmad Ibrahim)

Berita Terkait