Foto: Aksi Charles Leclerc Saat Sabet Gelar Grand Slam Formula 1 Pertamanya di GP Australia 2022

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 10 Apr 2022, 15:21 WIB
Charles Leclerc berhasil menjadi pemenang di GP Australia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (10/04/2022) siang WIB. Hasil tersebut merupakan kemenangan kedua pebalap asal Monaco tersebut di Formula 1 2022. (AP/Asanka Brendon Ratnayake)
Selain itu, Leclerc juga berhasil mengklaim gelar Grand Slam pertamanya di Formula 1. Gelar ini dekatuhi sangat sulit didapatkan oleh seorang pebalap F1 karena harus memenuhi beberapa syarat. (AP/Asanka Brendon Ratnayake)
Pertama, Charles Leclerc berhasil merebut pole position. Ia menjadi yang tercepat saat kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 17.868 detik, diikuti pebalap Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez di posisi ketiga. (AFP/Con Chronis)
Kedua, pemuda 24 tahun tersebut berhasil mencatatkan waktu tercepat di saat balapan, yaitu 1 menit 20.260 detik, (AFP/Paul Crock)
Selanjutnya, Charles Leclerc berhasil memenangkan balapan sekaligus memimpin perlombaan dari awal hingga akhir. Hal tersebut menjadi syarat ketiga dan keempat untuk menyabet gelar Grand Slam. (AP/Asanka Brendon Ratnayake)
Tahun lalu, hal serupa juga pernah disabet oleh pebalap Red Bull, Max Verstappen saat GP Austria. Sayangnya, pada balapan kali ini, sang juara bertahan gagal finish usai mobilnya mengalami masalah pada lap ke-39. (AP/Asanka Brendon Ratnayake)

Berita Terkait