Foto: Enea Bastianini King of COTA di MotoGP Amerika 2022 dan Ikuti Jejak Valentino Rossi

oleh HendriyanIkhwan Yanuar Harun diperbarui 11 Apr 2022, 08:13 WIB
Seri keempat MotoGP 2022, GP Amerika yang digelar di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Senin (11/4/2022) dini hari WIB berhasil dimenangi oleh pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini. Pembalap Italia itu menjadi raja dan menyamai raihan Valentino Rossi. (AP/Eric Gay)
Enea Bastianini (depan) yang memulai start dari posisi kelima baru berhasil memimpin balapan hingga akhirnya menjadi juara usai melewati Jack Miller yang terus memimpin sejak awal. Ia melakukannya di lap ke-16. (AP/Eric Gay)
Posisi kedua dan ketiga ditempati berurutan oleh Alex Rins (kiri) dan Jack Miller (kanan). (AP/Eric Gay)
Kemenangan Enea Bastianini ini merupakan yang kedua sepanjang kariernya di MotoGP, setelah yang pertama ia lakukan di seri pembuka MotoGP 2022 di Sirkuit Losail, Qatar. (AP/Eric Gay)
Kemenangan kedua Enea Bastianini di 4 seri pembuka MotoGP 2022 juga menyamai raihan Valentino Rossi sebagai pembalap terakhir Italia yang menang dua kali di empat balapan awal MotoGP. Rossi melakukannya pada 2015 di MotoGP Qatar dan Argentina. (AP/Eric Gay)
Sementara itu Marc Marquez (belakang) yang absen di dua balapan sebelumnya berhasil finis di posisi ke-6 setelah mengalami insiden start yang aneh. Start di posisi ke-9, Marquez harus melorot ke posisi buncit setelah diduga menekan tombol yang salah saat start. (AP/Eric Gay)
Hebatnya, Marc Marquez tidak panik usai insiden tersebut. Ia tetap fokus dan mampu melewati satu per satu pembalap di depannya. Dan akhirnya, ia mampu memenangi persaingan ketat dengan Fabio Quartararo dan Jorge Martin untuk mengunci posisi ke-6 di akhir balapan. (AP/Eric Gay)
Dengan hasil di MotoGP Amerika ini, Enea Bastianini memimpin dalam klasemen pembalap di kelas MotoGP. Dengan mengoleksi 61 poin, ia mengungguli Alex Rins yang menempati posisi kedua dengan 56 poin dan Aleix Espargaro di posisi ketiga dengan 50 poin. (Getty Images via AFP/Mirco Lazzari GP)

Berita Terkait