Foto: 5 Pemain yang Memiliki Dampak Lebih Besar di Luar Lapangan daripada Saat Bermain

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 16 Apr 2022, 17:23 WIB
Chelsea merekrut Fernando Torres usai tampil gemilang bersama Liverpool. Meski penampilannya bisa dibilang tak sukses, ia dinobatkan sebagi pesepakbola keempat yang paling laku di planet ini oleh pakar pemasaran olahraga Repucom (via BBC) pada tahun 2014. (AFP/Daniel Sannum Lauten)
Lionel Messi memang belum mampu memenuhi ekspektasi fans Paris Saint-Germain. Namun, kedatangannya ke Parc des Princes membawa dampak besar terhadap pemasaran klubnya. PSG diketahui telah menjual hampir satu juta jersey Messi menurut Goal. (AFP/Franck Fife)
Kembalinya Cristiano Ronaldo ke Old Trafford belum mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap peremainan Man United. Namun, kehadirannya meningkatkan jumlah kemitraan global untuk MU dan Instagram Setan Merah naik 3,73 juta pengikut dalam seminggu setelah dia kembali. (AFP/Marco Bertorello)
Kaka menjadi atlet pertama di dunia yang mengumpulkan 10 juta pengikut di Twitter saat bermain untuk Real Madrid pada 2012. Sayangnya, penampilannya di Santiago Bernabeu tak segemilang di AC Milan dan banyak terganggu oleh cedera. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
David Beckham adalah salah satu pemain awal yang membantu menempatkan Paris Saint-Germain di peta dunia walaupun penampilannya tak berdampak besar saat pertandingan. Menurut BBC, Beckham juga menyumbangkan gaji £ 1 juta untuk amal anak-anak setempat. (AFP/Kenzo Tribouillard)

Berita Terkait