Foto: Berikut 7 Pemain Top yang Pernah Jadi Klien Mino Raiola, Super Agen yang Diisukan Meninggal

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 29 Apr 2022, 10:41 WIB
Mino Raiola merupakan salah satu agen paling berpengaruh di dunia sepak bola dalam satu dekade terakhir. Selama karirnya sebagai agen pemain, Raiola memiliki banyak pemain top yang ditangani hingga saat ini. Bahkan seorang Zlatan Ibrahimovic melabelinya sebagai seorang agen terbaik di dunia. (AFP/Valery Hache)
Pemain top pertama yang pernah menjadi kliennya adalah Paul Pogba. Ia pernah meyakinkan Pogba untuk hengkang dari Manchester United dari Juventus pada 2012 silam. Gara-gara transfer tersebut, Sir Alex Ferguson murka dan melarang MU untuk berurusan dengannya. Selain itu, Raiola juga menjadi sosok kepulangan sang gelandang ke Old Trafford pada tahun 2016. (AFP/Oli Scarff)
Zlatan Ibrahimovic menjadi salah satu pemain yang memiliki kisah manis dengan Mino Raiola. Ia bergabung dengan agensi Raiola sejak membela Juventus. Berkat pria Italia tersebut, Ibra pernah mencicipi karier di beberapa klub top Eropa bahkan Amerika seperti Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, Manchester United, dan LA Galaxy. (AFP/Marco Bertorello)
Talenta Matthijs De Ligt terendus oleh Mino Raiola sejak dirinya bermain untuk tim muda Ajax Amsterdam. Pada 2019 lalu, Riola berhasil membuat De Light menjadi salah satu bek termahal di dunia saat ini. Juventus diketahui harus merogoh 80 juta Euro untuk mendatangkan pemain asal Belanda tersebut. (AFP/Marco Bertorello)
Mino Raiola bergerak cepat untuk menjadi agen Gianluigi Donnarumma saat sang kiper baru dipromosikan ke tim utama. Namun, Raiola juga banyak dibenci oleh Milanisti karena dianggap mengompori Donnarumma untuk tidak memperpanjang kontrak di AC Milan dan pindah ke PSG pada tahun lalu. (AFP/Franck Fife)
Marco Verratti menjadi salah satu klien Mino Raiola yang tak banyak menimbulkan kontroversi. Raiola hanya membantu PSG mendapatkan jasa Verratti dari Pescara pada tahun 2012 silam dan menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di PSG. (AFP/Franck Fife)
Mino Raiola sudah lama menjadi agen Mario Balotelli. Ia membantu sang striker untuk memperkuat beberapa tim top seperti Inter Milan, Liverpool, dan Manchester City. Raiola juga cukup berjasa mencarikan klub baru bagi Balotelli saat kariernya mulai meredup. (AFP/Miguel medina)
Nama pemain top terakhir yang menjadi klien Mino Raiola adalah Erling Haaland. Ia menjadi agen penyerang asal Norwegia tersebut sejak tahun 2020 dan telah berjasa untuk membantunya pindah ke Borussia Dortmund. Diketahui Haaland akan meninggalkan Signal Iduna Park pada musim depan. Patut dinantikan bagiamana kelanjutannya usai kabar palsu mengenai meninggalnya sang agen, Mino Raiola. (AFP/Ina Fassbender)