Foto: Marc Marquez dan 5 Pembalap Spanyol yang Pernah Menjuarai MotoGP Jerez, Didominasi Pabrikan Honda

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 30 Apr 2022, 14:11 WIB
Marc Marquez menjadi pembalap Spanyol terakhir yang berhasil menjuarai MotoGP Jerez, yaitu pada 2019. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut tercatat sudah tiga kali menang di sirkuit dengan panjang 4,4 kilometer tersebut. Marquez menyabet gelar pertamanya pada tahun 2014 dan pada 2018 ia berhasil menggandakan catatannya. (AFP/Jorge Guerrero)
Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig sempat turun di kelas 250cc dan 500cc saat masih aktif menjadi pembalap. Ia merupakan pembalap pertama Spanyol yang pernah menjuarai MotoGP Jerez, yaitu pada tahun 1995 bersama Fortuna Honda Pons. Kala itu, Puig sukses tampil tercepat dengan mengungguli Luca Cadalora dan Alex Criville. (AFP/Lluis Gene)
Alex Criville (kanan) merupakan juara dunia asal Spanyol pertama di kelas premier. Ia ternyata punya kisah manis ketika balapan di Jerez dengan menorehkan tiga kali juara berturut-turut pada 1997 hingga 1999 bersama tim Repsol Honda. (AFP/Antonio Scorza)
Sete Gibernau pernah meraih kemenangan di Sirkuit Jerez pada tahun 2004 saat bersama Telefonica Movistar Honda. Mengawali balapan dibelakang Valentino Rossi, ia justru mampu finis tercepat disusul oleh Max Biaggi dan Alex Barros. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
Dani Pedrosa tercatat berhasil menyabet tiga kali kemenangan di MotoGP Jerez, yaitu pada tahun 2008, 2013, dan 2017. The Little Samurai kala itu menjadi bagian dari tim Repsol Honda. (AFP/Cristina Quicler)
Satu-satunya pembalap Spanyol non pabrikan Honda yang berhasil meraih kemenangan di Jerez adalah Jorge Lorenzo. Tiga kali juara dunia MotoGP tersebut pernah meraih kemenagan di kandangnya sendiri pada tahun 2010, 2011, dan 2015 bersama tim Movistar Yamaha. (AFP/Cristina Quicler)

Berita Terkait