Foto: Kilas Balik Final Piala FA 2006, Comeback Dramatis Liverpool yang Berujung Juara

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 14 Mei 2022, 09:23 WIB
Para fans Liverpool tentu akan selalu mengingat momen dramatis Liverpool saat berhasil meraih gelar juara Piala FA 2006. Roller coaster jalannya pertandingan, tendangan maut Steven Gerrard, hingga penyelamatan gemilang Pepe Reina menjadi drama utama yang berujung gelar juara. (AFP/Pool/Toby Melville)
Kala itu, The Reds bertemu dengan West Ham United di partai final yang berlangsung di Millennium Stadium, Cardif, pada 13 Mei 2006. The Hammers sendiri diperkuat oleh beberapa nama top seperti Anton Ferdinand, Yossi Benayoun, hingga Dean Ashton. (AFP/Carl De Souza)
West Ham saat itu berhasil unggul dua gol lebih dahulu saat pertandingan berjalan 28 menit. Gol pertama diperoleh dari gol bunuh diri Jammie Charragher usai salah mengantisipasi umpan silang. Sementara itu, gol kedua dicetak oleh Dean Ashton yang sukses memanfaatkan kesalahan Pepe Reina setelah tak mampu menangkap bola dengan baik. (AFP/Paul Ellis)
Tertinggal dua gol, skuat asuhan Raphael Benitez tak langsung padam untuk melancarkan serangan. Hasilnya, pada menit ke-32, Djibril Cisse sukses menjebol gawang yang dikawal Shaka Hislop usai memanfaatkan umpan cantik dari Steven Gerrard. (AFP/Paul Ellis)
Usai memberi assist, giliran Gerrard kali ini yang berhasil mencetak gol lewat tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-54. (AFP/Carl De Souza)
Namun, The Hammers berhasil kembali unggul sepuluh menit berselang melalui sepakan indah Paul Konchesky. (AFP/Carl De Souza)
Laga dikira akan milik West Ham ketika Liverpool tak mampu menyamakan kedudukan hingga waktu memasuki menit ke-90. Namun, tendangan roket indah Steven Gerrard dari luar kotak penalti memadamkan euforia fans The Hammers yang tinggal beberapa menit lagi akan merayakan kemenangan. (AFP/Carl De Souza)
Skor 3-3 tak berubah hingga perpanjangan waktu. Laga harus diteruskan dengan babak adu penalti. (AFP/Carl De Souza)
Kali ini, Pepe Reina yang keluar menjadi pahlawan dengan berhasil memblok tiga tendangan dari pemain West Ham. Sementara itu, dari sisi Liverpool, hanya Sami Hyypia yang gagal menyarangkan bola. (AFP/Paul Ellis)
Liverpool akhirnya berhasil memenangkan duel adu penalti dengan skor 3-1 dan keluar sebagai juara Piala FA 2006. (AFP/Carl De Souza)
Gelar Piala FA tersebut merupakan trofi ketujuh mereka. Musim ini, Liverpool berpeluang menambah koleksi gelar juara. The Reds dijadwalkan akan menghadapi Chelsea pada laga final Piala FA yang berlangsung di Wembley pada Sabtu, 14 Mei 2022. (AFP/Paul Ellis)

Berita Terkait