Foto: Pembalap-pembalap Terbaik Pabrikan Suzuki di Ajang Balap MotoGP, Menilik Kenangan Sebelum Hengkang di Musim Depan

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 14 Mei 2022, 12:57 WIB
Joan Mir merupakan pembalap pertama Suzuki yang berhasil menjadi juara dunia pada era MotoGP, yaitu pada tahun 2020 lalu. Padahal, kala itu, Mir baru memasuki musim keduanya di pabrikan asal Jepang tersebut. Ia sukses merengkuh gelar juara dunia usai mencatat sekali kemenangan dan tujuh kali naik podium. (AFP/Patricia De Melo Moreira)
Alex Rins melakukan debut balapnya bersama Suzuki di ajang balap MotoGP sejak tahun 2017. Kala itu, ia bergabung untuk menggantikan peran Maverick Vinales yang hengkang ke Yamaha. Sejauh ini, Rins sukses meraup tiga kemenangan dan 15 kali naik podium bersama Suzuki. (AFP/Javier Soriano)
Chris Vermeulen menjadi pembalap Suzuki terakhir yang berhasil menang di GP Prancis, yaitu pada 2007 silam. Kala itu, ia sukses menaklukkan Sirkuit Le Mans dalam kondisi basah. Vermeulen sendiri direkrut oleh Suzuki pada 2006 usai menjadi runner up Superbike 2005. Pembalap asal Australia tersebut mampu mencatatkan satu kemenangan dan tujuh kali podium bersama tim yang bermarkas di Hamamatsu tersebut. (Getty Images via AFP/Darrell Ingham)
Maverick Vinales menjadi pembalap yang memulai kebangkitan Suzuki di MotoGP sejak kembali pada 2014 silam. Meski debutnya pada tahun 2015, Vinales baru bersinar pada musim keduanya. Ia mampu menjuarai GP Inggris 2016 usai berduel ketat dengan Marc Marquez. Vinalez juga tercatat pernah meraih empat kali podium pada musim itu sebelum hengkang ke Yamaha pada tahun 2017. (AFP/Mohd Rasfan)
Ben Spies memulai kariernya di MotoGP pada tahun 2008 bersama Suzuki sebelum lebih dikenal sebagai pengganti Valentino Rossi di Yamah pada tahun 2011. Saat itu ia hanya tampil di tiga balapan untuk menggantikan Loris Capirossi yang mengalami cedera. Namun, di musim yang sama, Spies juga menjadi juara di AMA Superbike. (Getty Images via AFP/Robert Laberge)
Aleix Espargaro kini tengah menikmati musim tersuksesnya bersama Aprilia di MotoGP. Ia sebelumnya juga merupakan pembalap Suzuki pada 2015 hingga 2016. Meski tak pernah meraih podium, Aleix banyak berjasa atas pengembangan motor Suzuki. (AFP/Josep Lago)

Berita Terkait