Rapor Pemain Liverpool Setelah Sukses Bungkam Chelsea di Final Piala FA: Alisson Paten, Alexander-Arnold dan Luis Diaz Jos

oleh Rizki Hidayat diperbarui 15 Mei 2022, 07:57 WIB
Sayangnya, tidak ada gol selama 90 menit. Extra time 30 menit juga tidak cukup untuk mengubah skor. Laga pun dilanjutkan ke adu penalti. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Bola.com, London - Liverpool berhasil merengkuh trofi Piala FA musim ini setelah mengalahkan Chelsea pada laga final. Sejumlah pemain The Reds tampil moncer dalam duel tersebut, satu di antaranya adalah Alisson Becker.

Menjalani partai puncak Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (14/5/2022) malam WIB, Liverpool dibuat kerepotan oleh Chelsea. The Reds menorehkan 53 persen penguasaan bola, berbanding 47 persen milik The Blues.

Advertisement

Liverpool juga melepaskan 17 tembakan yang dua di antaranya tepat sasaran. Di sisi lain, Chelsea memperoleh dua peluang bagus dari 10 kesempatan.

Hingga pertandingan berjalan 120 menit, skor imbang tanpa gol tetap bertahan. Alhasil, penentuan pemenang dilakukan lewat adu penalti.

Pada babak tos-tosan, Liverpool akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 6-5. Hasil tersebut membuat The Reds berhak atas trofi juara Piala FA musim ini.

Lantas, bagaimana dengan rapor pemain Liverpool selepas pertandingan kontra Chelsea? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 6 halaman

Kiper:

Babak adu penalti berlangsung sengit sesuai ekspektasi. 14 pemain maju menembak, tiga di antaranya gagal. (AP/Ian Walton)

Alisson Becker | 9

Alisson bermain cukup baik di pertandingan ini. Dia menghentikan dua percobaan Alonso di waktu normal dengan penyelamatan impresif.

Chelsea tidak banyak menembak, tapi Alisson terbukti selalu siap. Dia bisa menepis sepakan Pulisic dan menghentikan tembakan Mount di babak adu penalti.

Penyelamatan untuk tembakan Mount ini krusial. Alisson membantu Liverpool mengunci gelar juara Piala FA tahun ini.

 

3 dari 6 halaman

Bek:

Bek Liverpool Virgil van Dijk dan gelandang Chelsea Christian Pulisic berlari mengejar bola pada partai final Piala FA di Stadion Wembley pada Minggu (16/5/2022) dini hari WIB. Liverpool sukses menjuarai Piala FA 2021/2022. The Reds mengalahkan Chelsea lewat adu penalti. (AP Photo/Ian Walton)

Trent Alexander-Arnold | 8

Trent tampil stabil di laga ini, tidak begitu ceroboh seperti laga-laga sebelumnya. Umpan-umpan Trent akurat dan kemampuan bertahannya penting untuk membantu tim.

Ibrahima Konate | 7

Konate menetralisir ancaman Lukaku dengan sangat baik. Dia selalu menjaga posisi bertahan dengan rapi. Di extra time, Konate juga menghentikan pergerakan berbahaya Kante.

Virgil van Dijk | 7

Van Dijk juga bermain rapi untuk mengontrol ancaman Lukaku di waktu normal. Duetnya dengan Konate berjalan sangat baik. Sayangnya, Van Dijk ditarik keluar di menit ke-90.

Andrew Robertson | 7

Robertson lebih sering naik dan coba menembak. Beberapa umpan silangnya sedikit melenceng. Dia ditarik keluar karena kram otot.

 

4 dari 6 halaman

Gelandang:

Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold (paling kanan), melakukan tekel kepada gelandang Chelsea, Christian Pulisic, saat kedua kesebelasan bertanding pada final Piala FA, Minggu (14/5/2022) malam WIB. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Jordan Henderson | 7

Henderson menunjukkan permainan disiplin sebagai gelandang bertahan. Dia menggantikan peran Fabinho dengan baik, main tenang dan melindungi empat bek.

Thiago Alcantara | 7

Umpan-umpan Thiago sering membuka peluang sernagan Liverpool. Sayangnya, dia sedikit kesulitan karena kepungan gelandang Chelsea di lini tengah.

Naby Keita | 6,5

Performa Keita tidak terlalu menonjol di pertandingan ini. Dia tampil percaya diri, tapi tidak benar-benar memberikan pengaruh signifikan.

 

5 dari 6 halaman

Penyerang:

Mohamed Salah ditarik keluar saat membela Liverpool menghadapi Chelsea di final Piala FA. (AP Photo/Ian Walton)

Mohamed Salah | 6

Sayangnya Salah hanya bisa bermain 30 menit di laga ini. Dia harus ditarik keluar karena cedera. Padahal, di awal laga Salah beberapa kali mengancam.

Sadio Mane | 7

Mane tampil tajam dan jadi penyerang utama begitu Salah ditarik, sayangnya sentuhan akhirnya kurang. Tembakan penalti Mane gagal, padahal dia bisa jadi penentu kemenangan.

Luis Diaz | 8

Diaz mendapatkan begitu banyak peluang di babak pertama. Dia jadi pemain paling berbahaya di lapangan. Nahas, kali ini finishing-nya kurang.

 

6 dari 6 halaman

Pemain Pengganti:

Bek Liverpool Kostas Tsimikas (tengah) berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak penalti kemenangan ke gawang Chelsea pada akhir partai final Piala FA di Stadion Wembley pada Minggu (16/5/2022) dini hari WIB. Liverpool sukses menjuarai Piala FA 2021/2022. The Reds mengalahkan Chelsea lewat adu penalti. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Diogo Jota | 7

Jota masuk menggantikan Salah dan menunjukkan ancamannya sebagai salah satu pencetak gol andalan Liverpool. Sayangnya, finishing Jota sama buruknya dengan penyerang lain.

James Milner | 7

Masuknya Milner membantu Liverpool menjaga intensitas permainan. Dia menyuguhkan duel-duel fisik untuk menekan Chelsea.

Joel Matip | 7

Matip menggantikan Van Dijk dengan sangat baik. Dia main disiplin, membuat due tekel untuk menghentikan Ziyech dan Pulisic.

Roberto Firmino | 6

Firmino menggantikan Diaz di extra time. Sayangnya, penyerang Brasil ini jarang terlihat membawa bola, apalagi mengancam lawan.

Kostas Tsimikas | 8

Tsimikas menggantikan Robertson dan menuntaskan tugasnya dengan sangat baik. Sembilan menit bermain, dia pun mencetak gol penentu di babak adu penalti.

Sumber: Bola, Express, Liverpool Echo

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas/Published: 15/05/2022)

Berita Terkait