PSSI Masih Trending, Diamuk Netizen Gara-gara Lapangan Latihan Timnas Indonesia

oleh Hery Kurniawan diperbarui 28 Mei 2022, 13:45 WIB
Logo PSSI. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Pencinta sepak bola Indonesia lagi-lagi dibuat geram dengan pengelolaan sepak bola di Tanah Air. Itu bermula dari pernyataan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pada Kamis (26/5/2022).

Saat itu, Shin menyatakan tim asuhannya tidak bisa berlatih di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Sebab, PSSI belum melakukan pemesanan di stadion itu untuk digunakan Dimas Drajad dkk berlatih.

Advertisement

"Saya agak malu mengatakan ini. Ketika kami mau berangkat ke lapangan ternyata ada kabar stadion belum di-booking," ungkap pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat itu.

Saat itu, Timnas Indonesia memang tidak bisa berlatih di lapangan. Mereka kemudian hanya berlatih di sisi kolam renang hotel tempat mereka menginap saja.

2 dari 6 halaman

Dibantah Yunus Nusi

Timnas Indonesia berlatih di Kota Bandung jelang pertandingan FIFA matchday kontra Bangladesh yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada 1 Juni mendatang. (Bola.com/Erwin Snaz)

Pernyataan Shin kemudian mendapatkan bantahan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi. Ia membantah PSSI belum memesan lapangan di Stadion Madya.

"Kami melalui sekretaris Timnas Indonesia sudah melakukan booking lapangan seperti yang di-request oleh pelatih Shin Tae-yong," kata Yunus Nusi.

Lebih lanjut, Yunus seakan tampak sedikit menyalahkan Shin Tae-yong atas kejadian tersebut. Ia menyebut, Shin mengubah jadwal secara mendadak.

"Namun tiba-tiba beberapa jam sebelum latihan Shin Tae-yong minta diubah mendadak dan dipercepat menjadi pukul 17.00 WIB, namun lapangan masih ada yang memakai jadi tidak bisa kami gunakan," jelasnya.

3 dari 6 halaman

Netizen Ngamuk

Logo PSSI. (Bola.com/Dody Iryawan)

Hal itu membuat netizen mencak-mencak. Mereka tak habis pikir kenapa hal sepele seperti itu bisa terjadi di Timnas Indonesia.

Unggahan akun Twitter resmi PSSI mengenai keberangkatan Timnas Indonesia menuju Bandung pun jadi sasaran balasan menohok dari para netizen.

Akun @jebakanOffsidee misalnya. Dengan nada menyindir ia menanyakan apakah lapangan yang akan digunakan berlatih di Bandung sudah dipesan atau belum.

"Udah di booking belum lapangannya?," katanya.

4 dari 6 halaman

Bagaimana Nih, Bos?

Ketua Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan menyampaikan konferensi pers usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu terpilih menjadi ketua umum PSSI untuk periode 2019-2023 usai meraih 82 dari jumlah voters 85. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Banyak juga yang menyindir Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Mereka menyindir Iwan Bule yang jarang muncul ketika Timnas Indonesia atau PSSI menghadapi masalah.

"Lagi kejadian memalukan mana nongol, kalo Timnas lagi bagus baru fotonya keluar semua," ujar netizen dengan akun @vessanik.

5 dari 6 halaman

Trending

Timnas Indonesia berlatih di Kota Bandung jelang pertandingan FIFA matchday kontra Bangladesh yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat

Polemik lapangan membuat PSSI menjadi trending topic di Twitter. Sampai pukul 13.30 WIB, sudah ada 12 ribu tweets. Saat ini, Timnas Indonesia sudah berlatih di Bandung untuk persiapan uji coba melawan Bangladesh.

6 dari 6 halaman

Jadwal Uji Coba dan Kualifikasi Piala Asia

Timnas Indonesia berlatih jogging memutari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (26/5/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Setelah tampil di SEA Games 2021, agenda Timnas Indonesia masih pada. Selain Timnas U-19 yang tampil di Toulon Cup 2022, Indonesia juga harus bersiap untuk tampil di FIFA Matchday pada 1 Juni 2022 mendatang.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 di mana Indonesia tergabung di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

  • 1 Juni 2022 Indonesia vs Bangladesh (FIFA Matchday)
  • 8 Juni 2022 Indonesia vs Kuwait (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)
  • 11 Juni 2022 Indonesia vs Yordania (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)
  • 14 Juni 2022 Indonesia vs Nepal (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)

Berita Terkait