Shin Tae-yong Sambut Baik Usulan Menpora soal TC Timnas Indonesia di UPI Bandung

oleh Hendry Wibowo diperbarui 30 Mei 2022, 20:45 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memberi usul kepada PSSI soal pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia. Lokasi yang diusulkan tersebut yaitu fasilitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat. (Bagus/Kemenpora.go.id)

Bola.com, Bandung - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memberi usul kepada PSSI soal pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia.

Lokasi yang diusulkan tersebut yaitu fasilitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat.

Advertisement

Fasilitas yang dimiliki UPI dinilai sangat komplet untuk menjalankan program TC Timnas Indonesia.

Kabar baiknya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata tidak keberatan bila Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan melakukan TC di UPI Bandung.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Baik

Shin Tae-yong menyebut ingkungan di kampus UPI dinilainya sangat baik. Juru taktik asal Korea Selatan ini kebetulan hadir langsung memantau fasilitas yang dimiliki UPI Bandung bersama Menpora Zainudin Amali hari Senin (30/05/2022).

"Di sini lingkungan sangat baik. Saya juga sudah bicara dengan pak Menpora juga Ketum PSSI (Iwan Bule)," kata Shin Tae-yong.

"Selain lapangan, fasilitas pendukung lainnya harus baik. Ada kesempatan untuk meningkatkan kemampuan pemain," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Alasan Pengusulan UPI Bandung

Rektor UPI, Solehudin dan Menpora RI, Zainudin Amali serta pelatih Timnas Shin Tae-yong usai meninjau lapangan sepak bola UPI dan fasilitas lainnya di lingkungan UPI, Bandung, Senin (30/5/2022. (Bola.com/Erwin Snaz)

Menpora Amali menjelaskan alasan pengusulan UPI Bandung sebagai tempat TC Timnas Indonesia.

Menurutnya, fasilitas olahraga serta pendukungnya lengkap. Sehingga, Timnas Indonesia bisa memaksimalkan persiapan dalam menyambut kejuaraan yang akan dihadapi.

"Saya mengusulkan ke PSSI dan pelatih Shin Tae-yong ada tempat di UPI. Kemudian kita komunikasi dengan rektor UPI dan beliau bersedia. Sudah ditinjau dan cocok, lingkungan dan fasilitas juga," ujar Menpora Amali.

4 dari 4 halaman

Punya Fasilitas Pendukung

Lebih lanjut, Menpora Amali bilang selain lapangan sepak bola, PSSI membutuhkan fasilitas pendukung lainnya seperti penginapan hingga dukungan sport science.

"Fasilitas yang penting adalah lapangan. Kemudian pendukungnya adalah tempat penginapan, sport science, juga ada kolam renang," kata Menpora Amali.

"Di sini ada semua dan mendukung. Namun, memang harus ada yang diperbaiki, nanti yang kurang akan ditambah," lanjutnya.

Berita Terkait