Finky Pasamba ke Bhayangkara FC, 3 Pemain Ini Bisa Diandalkan PSIS sebagai Gelandang Bertahan

oleh Hery Kurniawan diperbarui 05 Jun 2022, 08:00 WIB
Gelandang PSIS Semarang, Finky Pasamba. (Vincentinus Atmaja/Bola.com)

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang sudah resmi melepas Finky Pasamba. Gelandang bertahan berusia 29 tahun itu dilepas ke Bhayangkara dengan sistem transfer.

Sistem itu harus dilakukan karena Pasamba masih terikat kontrak di PSIS Semarang. Namun, besaran transfer pemain itu dirahasiakan baik oleh pihak PSIS maupun Bhayangkara FC.

Advertisement

Finky Pasamba sebenarnya sudah memperkuat PSIS sejak 2019. Ia jadi pemain andalan di posisi gelandang bertahan klub tersebut.

Ia nyaris selalu jadi pilihan utama. Tugasnya jelas, untuk menghentikan serangan lawan juga untuk menopang para gelandang serang Mahesa Jenar.

Namun, PSIS Semarang sepertinya tidak perlu khawatir kehilangan pemain kelahiran Ambon ini. Dalam skuad terkini, PSIS sudah punya paling tidak tiga pemain yang bisa mengisi pos yang ditinggalkan Pasamba.

2 dari 5 halaman

Eka Febri

Eka Febri merayakan gol ke gawang Barito Putera (Dok. PSIS Semarang)

Pemain berusia 22 tahun ini sudah merintis karier sejak di akademi pemain muda PSIS Semarang. Pada BRI Luga 1 2021/2022 lalu, Eka cukup banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Total Eka saat itu bermain dalam 20 pertandingan. Tak hanya itu, ia juga mampu mencetak dua gol saat itu.

Penampilan apiknya bersama PSIS sempat membuat Eka Febri dipanggil ke skuad Timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di Piala AFF U-22. Namun, karena kasus COVID-19 yang saat itu sangat tinggi, Indonesia tidak jadi ikut serta.

Dengan perkembangan yang ditunjukan di musim lalu, Eka Febri adalah pemain yang paling difavoritkan menjadi pengganti Finky Pasamba di PSIS.

3 dari 5 halaman

Delvin Rumbino

Delvin Rumbino. (Bola.com/Abdi Satria)

PSIS Semarang baru mendatangkan Delvin di musim ini. Ia digaet setelah kontraknya di Persis Solo selesai.

Delvin merupakan tipikal pemain serbabisa. Ia bisa ditempatkan di posisi mana saja di lini tengah.

Entah itu gelandang tengah atau gelandang serang. Termasuk juga di posisi gelandang bertahan.

Kondisi itu tentu bisa memberikan opsi tambahan bagi tim pelatih PSIS nantinya. Yang pasti, Delvin jadi kandidat kuat pengganti Finky Pasamba.

 

4 dari 5 halaman

Guntur Triaji

Gelandang Persib Bandung, Ghozali Siregar, berusaha melewati gelandang TIRA Persikabo, Guntur Triaji, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persib kalah 1-2 dari TIRA. (Bola.com/Yoppy Renato)

Satu lagi pemain yang potensial menggantikan posisi Finky Pasamba di PSIS Semarang adalah Guntur Triaji. Sama seperti Delvin, Guntur juga baru pindah ke PSIS pada musim ini.

Ini adalah pengalaman pertama Guntur bermain di Jawa Tengah. Sebelumnya, ia lebih sering bermain di Jakarta dan sekitarnya.

Guntur juga punya karakter yang mirip dengan Delvin Rumbino. Ia punya versatilitas yang cukup baik di lini tengah.

Satu kelebihan yang dimiliki Guntur adalah kecepatannya. Ia punya lari yang cukup cepat untuk ukuran gelandang tengah.

5 dari 5 halaman

Posisi Akhir PSIS di BRI Liga 1 2021/2022

Berita Terkait