Foto: Blunder Konyol Aleix Espargaro, Podium Kedua di MotoGP Catalunya Sirna pada Lap Terakhir Lomba

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 06 Jun 2022, 05:03 WIB
Pebalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro melakukan blunder konyol yang berakibat kehilangan podium keduanya saat balapan tinggal menyelesaikan satu lap lagi di MotoGP Catalunya, Minggu (05/06/2022) malam WIB. (AP/Joan Monfort)
Memulai balapan dari pole postion, Aleix (tengah) disalip oleh pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Selain itu, ia juga mampu lolos dari kecelakaan horor yang melibatkan Takaaki Nakagami, Alex Rins, dan Francesco Bagnaia di tikungan pertama. (AP/Joan Monfort)
Setelah tidak mampu mengimbangi kecepatan Quartararo, Aleix Espargaro kemudian harus berduel dengan pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin. Kedua pebalap saling salip menyalip untuk memperebutkan podium kedua. (AFP/Pau Barrena)
Saat balapan tinggal menyisakan satu lap, Aleix Espargaro melakukan kesalahan fatal. Ia mengira balapan sudah berakhir dan mulai memelankan kecepatannya. Selain itu, ia juga sempat melakukan selebrasi dengan melambaikan tangannya kepada penonton. (AP/Joan Monfort)
Jorge Martin pun tak ingin membuang peluang dan langsung menyalipnya. Bahkan, Aleix Espargaro baru sadar beberapa saat jika balapan belum usai karena pebalap lainnya masih memacu motornya dengan kecepatan penuh. (AP/Joan Monfort)
Ketika Luca Marini menyalipnya, Aleix Espargaro kembali tancap gas. Namun, ia akhirnya hanya puas di posisi kelima pada MotoGP Catalunya 2022. Blunder konyol ini membuatnya kehilangan sembilan poin dan harus tertinggal 22 poin dari sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo. (AP/Joan Monfort)
Setelah balapan, Aleix Espargaro pun tertunduk lesu dengan ekspresi penuh penyesalan, bahkan sempat menangis. Sampai-sampai CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, datang ke garasi Aprilia untuk menghiburnya. (AFP/Pau Barrena)

Berita Terkait