Foto: Aksi Joel Campbell Bawa Kosta Rika Raih Tiket Terakhir ke Piala Dunia 2022 Qatar

oleh Hendriyan diperbarui 15 Jun 2022, 10:27 WIB
Timnas Kosta Rika memastikan menjadi negara terakhir yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar usai memenangi laga play-off melawan wakil Zona Oseania (OFC) Selandia Baru dengan skor tipis 1-0 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Gol tunggal yang memastikan kuota 32 peserta pesta sepak bola dunia empat tahunan telah terisi penuh dicetak oleh Joel Campbell, sayap kanan Kosta Rika milik Leon yang berlaga di Liga Meksiko. (AFP/Karim Jaafar)
Joel Campbell mencetak satu-satunya gol Kosta Rika ke gawang Selandia Baru hanya tiga menit setelah kick off. (AFP/Karim Jaafar)
Meski dikepung tiga pemain Selandia Baru di dalam kotak penalti, ia mampu menyelesaikan umpan dari skema serangan balik di sisi kanan pertahanan Selandia Baru dengan sebuah sentuhan kaki kiri yang mengarah ke pojok kiri gawang Oliver Sail. (AFP/Karim Jaafar)
Usai tertinggal, Selandia Baru terus menggempur pertahanan Kosta Rika. Namun berkat penampilan ciamik Keylor Navas, kiper yang bermain bersama PSG, gawang Kosta Rika masih steril dari kebobolan. (AFP/Karim Jaafar)
Selandia Baru sempat mencetak gol pada menit ke-39 melalui Chris Wood. Namun usai meninjau VAR, wasit menganulir gol tersebut karena Chris Wood dinilai telah terperangkap offside sebelum mencetak gol. (AFP/Karim Jaafar)
Perjuangan Selandia Baru semakin berat untuk mencari gol penyeimbang usai diusirnya Kosta Barbarouses pada menit ke-67, hanya 7 menit usai masuk sebagai pemain pengganti. Awalnya sang pemain hanya menerima kartu kuning usai tekel keras dari belakang terhadap pemain Kosta Rika. Namun wasit mengubah keputusannya dengan memberi kartu merah langsung usai meninjau VAR. (AP/Hussein Sayed)
Hingga laga usai skor 1-0 untuk kemenangan Kosta Rika tetap bertahan. (AP/Hussein Sayed)
Dengan hasil ini, zona Concacaf berhasil mengirim 4 wakilnya ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Sebelumnya tiga negara telah memastikan lolos, Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat. (AP/Hussein Sayed)
Dengan kegagalan Selandia Baru, mereka gagal mengulang prestasi lolos ke Piala Dunia pada dua edisi lalu, 1982 dan 2010. Sementara bagi zona Oseania, kegagalan Selandia Baru praktis meniadakan wakil mereka di Qatar nanti. (AP/Hussein Sayed)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait