Piala AFC 2022: PSM Bawa 25 Pemain Hadapi Kuala Lumpur City dan Tampines Rovers

oleh Abdi Satria diperbarui 20 Jun 2022, 13:32 WIB
PSM Makassar Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares membawa 25 pemain bersaing di Grup H Piala AFC 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia 24-30 Juni.

Rombongan tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu sudah tiba di Kuala Lumpur, Senin (20/6/2022).  Di ibukota negara tetangga itu, skuad PSM Makassar akan menghadapi Kuala Lumpur City (Malaysia) dan Tampines Rovers (Singapura).

Advertisement

Wiljan Pluim dan kolega datang ke Malaysia dengan modal baik yakni mengantongi tiket 8 Besar Piala Presiden 2022.

2 dari 6 halaman

Memuaskan di Piala Presiden 2022

Pemain PSM Makassar, Anco Jansen, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri pada laga BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/9/2021). PSM Makassar menang tipis atas Persik Kediri dengan skor 3-2. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Benardo Tavers pun mengaku puas dengan penampilan tim asuhannya yang mengoleksi poin 4 dari tiga partai Grup D yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Saya senang dengan semangat yang diperlihatkan para pemain. Padahal, mayoritas dari mereka minim menit bermain atau tak malah pernah tampil di Liga 1," ujar Bernardo Tavares.

Eks pelatih New Radiant (India) ini juga tak risau meski timnya hanya mencetak satu gol dari tiga laga di Piala Presiden 2022. Karena menurutnya para pemain sudah berusaha menciptakan banyak peluang tapi hanya Wiljan Pluim yang mampu mencetak gol.

Bernardo Tavares pun pasang badan terkait penampilan striker anyar PSM, Everton Nascimento yang belum mencetak gol buat PSM di laga ujicoba mau pun Piala Presiden 2022.

3 dari 6 halaman

Pemain Asing Nyetel

Pemain PSM Makassar, Everton Nascimento De Mendonca (kiri) berebut bola dengan pemain Persikabo 1973, Andy Setyo Nugroho dalam lanjutan pertandingan babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2022 antara PSM Makassar menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). (Bola.com/Arief Bagus)

Di mata Bernardo Tavares, Everton sudah tampil baik dengan menjalankan intruksinya. Terutama kerja keras yang ditunjukkan Everton dengan terus berusaha mengejar bola di area pertahanan lawan.

"Everton bukan Cristiano Ronaldo yang hanya fokus mencetak gol karena ditopang penyerang sayap dengan kualitas umpan sangat baik. Semoga di Piala AFC 2022, ia mendapatkan momen bagus," papar Bernardo Taves.

4 dari 6 halaman

Memilih Realistis

Pemain PSM Makassar, Everton Nascimento (tengah) berebut bola dengan pemain Persita Tangerang, Fahtoni saat laga uji coba antara Persita Tangerang melawan PSM Makassar di Indomilk Arena, Tangerang, Rabu (01/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di Malaysia, semua partai Grup H Piala AFC 2022 berlangsung di Stadion KLFA Cheras. PSM sendiri akan menghadapi tuan rumah Kuala Lumpur City, Jumat (24/6/2022) dan Tampines Rovers, Senin (27/6/2022).

Terkait peluang timnya, Bernardo Tavares memilih realistis. "Dua lawan yang kami hadapi nanti memiliki materi pemain dan finansial baik. Meski begitu, saya selalu berprinsip dalam sepak bola selalu ada kejutan," tutur Bernardo Tavares.

Sebaliknya, PSM sedang membangun tim setelah ditinggal pergi sejumlah pemain pilarnya pada musim lalu. Itulah mengapa, Bernardo Tavares hanya meminta pemainnya tampil lepas serta bermain disiplin pada setiap laga.

"Saya tekankan pemain agar berusaha keras mendapatkan hasil terbaik," tegas Bernardo Tavares.

5 dari 6 halaman

Kiprah PSM di Piala AFC 2019

Seperti diketahui, pada Piala AFC 2019, PSM yang ditangani Darije Kalesic berhasil menembus semifinal zona Asia Tenggara.

Setahun berikutnya, skuad Juku Eja bersama pelatih Bojan Hodak hanya tampil dalam dua laga di Grup H yakni kalah dari Tampines Rovers dengan skor 2-1 di Stadion Jalan Besar, Singapura, 12 Februari 2020 serta menang 3-1 atas Shan United di Stadion Madya, 26 Februari 2020.

Kemudian turnamen kaste kedua Asia ini dinyatakan batal oleh AFC gegara pandemi Covid-19.

6 dari 6 halaman

Daftar Skuad PSM di Piala AFC 2022

Tendangan penalti pemain Persikabo 1973, Ryan Kurnia yang berujung gol ke gawang PSM Makassar dalam lanjutan pertandingan babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2022 antara PSM Makassar menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). (Bola.com/Arief Bagus)

Kiper: Reza Arya Pratama, Suardi Harlan, Rivky Mokodompit.

Bek: Dallen Doke, Yance Sayuri, Edgard Amping, Agung Mannan, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Ibnul Mubarak.

Gelandang: M.Arfan, Bryan Cesar, Ananda Raehan, Rasyid Bakri, Willem Jan Pluim, Akbar Tanjung, Rizky Eka Pratama, Yakob Sayuri, Kenzo Nambu, Muhammad Dzaky, Muhammad Rafly.

Penyerang: Everton Nascimento, Ramadhan Sananta, Ricky Pratama.