Foto: Kisah Unik Dejan Stankovic yang Tampil di Piala Dunia dengan 3 Negara Berbeda

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 23 Jun 2022, 09:33 WIB
Piala Dunia 1998 di Prancis menjadi ajang besar pertama bagi Dejan Stankovic yang kala itu berusia 19 tahun. (AFP/Olivier Morin)
Pemuda yang berperan sebagai playmaker Yugoslavia itu bermain sebanyak 3 kali, Stankovic mencetak 1 gol ke gawang Jerman. Langkah Yugoslavia harus terhenti di babak 16 besar setelah ditundukan Belanda dengan skor 2-1. (AFP/Olivier Morin)
Berselang 8 tahun, Piala Dunia 2006 menjadi ajang kedua bagi Stankovic. Kali ini, Stankovic membela Serbia & Montenegro, negara pecahan dari Yugoslavia. (AFP/Martin Bureau)
Namun sayang, langkah Stankovic dkk harus terhenti di babak grup sebagai juru kunci. Serbia & Montenegro berada satu grup dengan Belanda, Argentina, dan Pantai Gading. (AFP/Dimitar Dilkov)
4 tahun berselang, Stankovic kembali masuk ke Piala Dunia 2010 namun kali ini berseragam Serbia. Hal tersebut karena Serbia dan Montenegro sudah menyatakan kemerdekaannya masing-masing. (AFP/Jure Makovec)
Dalam edisi Piala Dunia kali ini, langkah Serbia kembali terhenti di babak grup. Namun setidaknya Serbia berhasil mengalahkan raksasa Jerman dengan skor tipis, 1-0. (AFP/Karim Jaafar)

Berita Terkait