Pelatih Asal Malaysia Komentari Timnas Indonesia U-19: Fokus Menang Dulu, Jangan Terbebani Cetak Gol Banyak

oleh Abdi Satria diperbarui 07 Jul 2022, 11:34 WIB
Mereka akan berhadapan dengan sang pemuncak klasemen Thailand pada laga selanjutnya, Rabu (06/07/2022). Laga tersebut akan menjadi krusail bagi Timnas Indonesia U-19 untuk dapat mentas dari fase grup Piala AFF 2022. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 bermain imbang tanpa gol dengan Thailand pada laga lanjutan Grup A Piala AFF di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (6/7/2022) malam WIB.

Hasil ini membuat tim asuhan Shin Tae-yong sementara bertengger di peringkat empat dengan poin 5. Thailand di bawah Vietnam, pimpinan klasemen yang sama-sama mengoleksi poin 7. Peringkat tiga di grup A adalah Myanmar yang meraup 6 poin dalam tiga laga.

Advertisement

Meski masih berada di bawah para pesaingnya itu, peluang Garuda Nusantara sejatinya tetap terbuka.

Dua lawan terakhir Timnas Indonesia U-19 yakni Filipina (8/7/2022) dan Myanmar (10/7/2022) relatif bisa dikalahkan untuk mendulang poin maksimal. Sebaliknya, Vietnam dan Thailand bakal bersua pada laga terakhir Grup A. 

2 dari 6 halaman

Kans Menang Besar

Piala AFF - Ilustrasi Piala AFF U-19 (Bola.com/Adreanus Titus)

Dihubungi Bola.com, Kamis (7/7/2022), eks pelatih PSM Makassar, Raja Isa, yakin Indonesia bisa melewati adangan dua lawan terakhirnya itu. Menurut Raja Isa, kekuatan kedua calon lawan Timnas Indonesia U-19 tak sebaik Vietnam dan Thailand.

Tapi, jangan meremehkan. Terutama Myanmar, karena mereka berpotensi memberi kejutan.

"Namun, saya sarankan Indonesia U-19 sebaiknya fokus menang dulu. Jangan terbebani menang dengan jumlah gol yang besar," tegas Raja Isa yang kini menangani klub Liga 1 Bangladesh, Muktijoddha Sangsad KC.

 

3 dari 6 halaman

Kemenangan Menjadi Kunci

Pemain Timnas Indonesia U-19, Kakang Rudianto berusaha memasukan bola ke gawang Thailand yang dijaga Narongsak Naengwongsa dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Jika menang dalam dua laga itu, Hokky Caraka dkk. akan mengemas 11 poin. Tapi, belum tentu juga dengan 11 poin itu mereka bisa lolos. Ada Thailand dan Vietnam yang juga punya kans besar. Definisi grup neraka yang sesungguhnya!

Menarik untuk dinanti, pertemuan kedua tim pada matchday terakhir. Itu berarti, siapa yang akan lolos ke babak 4 besar akan ditentukan sampai laga pemungkas. Seru!

Kans Timnas Indonesia U-19 lolos akan makin besar jika duel Vietnam versus Thailand ada pemenangnya.

4 dari 6 halaman

Terancam Tanpa Marselino Ferdinan

Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan (kiri) berebut bola dengan pemain Brunei Darussalam U-19, Muhammad Hakeme Yazid dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Indonesia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022). (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Tapi, ada kabar buruk nih. Marselino Ferdinan mendapatkan cedera saat Timnas Indonesia U-19 bersua Thailand.

Pelatih Shin Tae-yong memprediksi Marselino Ferdinan akan absen memperkuat Timnas Indonesia U-19 hingga akhir Piala AFF U-19 2022. Gelandang berusia 17 tahun itu harus menepi karena cedera.

"Marselino tidak bisa main sepertinya sampai akhir turnamen ini," ujar Shin Tae-yong, usai laga kontra Thailand.

"Feelling saya tidak baik. Tapi harus dilihat juga hasil pemeriksaan nanti, Kamis (7/7), di rumah sakit," katanya menambahkan.

5 dari 6 halaman

Fokus Shin Tae-yong

Timnas Indonesia - Shin Tae-yong, Suporter Timnas, Bendera Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Terdekat, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Filipina, di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (8/7) malam WIB. Namun, Shin Tae-yong belum mau memikirkan laga tersebut.

"Kami akan fokus pemulihan. Lawan Filipina baru kami pikirkan nanti, Kamis (7/7). Begitu juga soal Marselino," imbuh Shin Tae-yong.

Adapun, duel kontra Myanmar akan digelar dua hari setelah pertandingan melawan Filipina. Laga pamungkas Timnas Indonesia U-19 pada babak penyisihan Grup A ini juga bakal dihelat di Stadion Patriot Candrabaga.

6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Selanjutnya

Timnas Indonesia - Ilustrasi Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-19 (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumat, 8 Juli 2022

Timnas Indonesia U-19 Vs Filipina

Stadion Patriot Candrabaga

Kick-off Pukul 20.00 WIB

Live: Indosiar dan Vidio

Berita Terkait