8 Pemilik Klub Sepak Bola Paling Tajir Melintir di Dunia: Bos Newcastle Teratas, Owner Chelsea Peringkat 6

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 11 Jul 2022, 09:00 WIB
Newcastle resmi diakui sisi oleh Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi yang dipimpin oleh Pangeran sekaligus Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. PIF tercatat harus menggelontorkan dana sekitar 300 poundsterling dan menguasai saham mayoritas sebanyak 80 persen. (AFP/Saudi Royal Palace)

Bola.com, Jakarta - Perubahan besar terjadi di Chelsea pada 2022. Chelsea ditinggal Roman Abramovich dan kini memiliki pemilik baru, yaitu Todd Boehly. 

Dalam rilis resmi klub, baik di laman resmi hingga media sosialnya, Chelsea mengumumkan bahwa konsorsium Todd Boehly telah menandatangani kesepakatan sebagai pemilik baru.

Advertisement

"Chelsea Football Club dapat mengonfirmasi bahwa persyaratan telah disetujui untuk grup kepemilikan baru, yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss, untuk mengakuisisi klub,” demikian bunyi rilis resmi Chelsea, pada Mei 2022. 

Miliarder asal Amerika Serikat tersebut bersama konsorsiumnya telah menandatangani kesepakatan untuk membeli Chelsea dari Roman Abramovich dalam kesepakatan yang dilaporkan bernilai sekitar 4,25 miliar poundsterling.

Akuisisi yang dilakukan Todd Boehly, membuatnya menjadi pemilik klub sepak bola terkaya urutan keenam di dunia dan ketiga di Liga Inggris. Ia tercatat memiliki kekayaan 10,86 miliar poundsterling.

Lalu siapa saja yang menempati peringkat satu sampai delapan? 

 

2 dari 9 halaman

8. Stan Kroenke (Arsenal)

Salah satu pemegang saham Arsenal, Stan Kroenke. (AFP/Adrian Dennis)

Kebangsaan: Amerika Serikat 

Kekayaan: 6,9 miliar pounds (Rp124,3 trilun) 

 

3 dari 9 halaman

7. Philip Anschutz (LA Galaxy)

Kebangsaan: Amerika Serikat 

Kekayaan: 8,19 miliar pounds (Rp147,5 triliun) 

 

 

4 dari 9 halaman

6. Todd Boehly (Chelsea)

Pemilik baru Chelsea, Todd Boehly bertepuk tangan saat pertandingan antara Chelsea kontra Wolverhampton di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (7/5/2022) malam WIB. (AP Photo/Frank Augstein)

Kebangsaan: Amerika Serikat 

Kekayaan: 10,86 miliar pounds (Rp195,6 triliun)

 

5 dari 9 halaman

5. Andrea Agnelli (Juventus)

Andrea Agnelli - Orang nomor satu di Juventus ini rela memilih mundur dari posisinya sebagai presiden European Club Association (ECA). Kini ia menjabat sebagai wakil presiden di Liga Super Eropa. (AFP/Miguel Medina)

Kebangsaan: Italia 

Kekayaan: 14,2 miliar pounds (Rp255,8 triliun)

 

6 dari 9 halaman

4. Dietrich Mateschitz (RB Leipzig dan RB Salzburg)

PETER RIGAUD/AFP

Kebangsaan: Austria 

Kekayaan: 16 miliar pounds (Rp288,2 triliun)

 

7 dari 9 halaman

3. Sheikh Mansour (Manchester City)

Suksesnya Manchetser City dalam menembus papan atas Liga Inggris tak lepas dari pengaruh finansial pemiliknya, Sheikh Mansour. Keluarga Kerajaan UAE ini mulai mengakui Man City sejak 2008 silam. Ia juga mampu menggelontorkan banyak dana untuk meningkatkan level The Citizen. (AFP/Andrew Yates)

Kebangsaan: Uni Emirat Arab 

Kekayaan: 200 miliar pounds (Rp360,3 triliun)

 

8 dari 9 halaman

2. Otoritas Investasi Qatar atau Nasser Al-Khelaifi (PSG)

Paris Saint-Germain dibeli oleh Qatar Sports Investments pada 2011 silam. Grup yang dipimpin oleh Nasser Al-Khelaifi merupakan anak usaha dari Otoritas Investasi Qatar, yang mengelola kekayaan negara. Tak heran jika PSG memiliki dana yang melimpah. (AFP/Kenzo Tribouillard)

Kebangsaan: Qatar 

Kekayaan: 223 miliar pounds (Rp419,7 triliun) 

 

9 dari 9 halaman

1. Dana Investasi Publik Arab Saudi / Mohammed bin Salman (Newcastle United)

Pendukung Newcastle United merayakan di luar St. James'Park di Newcastle Upon Tyne, Inggris (7/10/20210). Klub Liga Premier Inggris, Newcastle United resmi diakuisisi pangeran Arab Saudi, Mohammad bin Salman. (AP Photo / Scott Heppell)

Kebangsaan: Arab Saudi 

Kekayaan: 324 miliar pounds (Rp583,7 triliun)

Sumber: The Sun 

 

 

Berita Terkait