Update Bursa Transfer: Susul Chiellini di MLS, Federico Bernardeschi Merapat ke Toronto FC

oleh Aryo Atmaja diperbarui 16 Jul 2022, 22:00 WIB
Federico Bernardeschi layak dinobatkan sebagai man of the match saat Juventus mengalahkan Cagliari pada giornata ke-19 Liga Italia 2021/2022. (LaPresse via AP/Fabio Ferrari)

Bola.com, Jakarta - Eks penyerang sayap Juventus, Federico Bernardeschi kini memiliki klub baru. Ia menyusul rekannya di Juventus, Giorgio Chiellini untuk berkarier di Liga Amerika Serikat atau MLS.

Federico Bernardeschi resmi bergabung dengan Toronto FC. Pihak klub mengumumkan penandatanganan sang pemain sambil menunggu administrasi dan izin kerja di Amerika Serikat.

Advertisement

Sebelumnya, Giorgio Chiellini lebih dulu merapat ke klub Los Angeles FC. Kini Bernardeschi resmi menyusulnya dan dikontrak Toronto FC hingga empat musim ke depan.

Bernardeschi gagal masuk dalam proyeksi era baru Juventus bersama Massimiliano Allegri. Bianconeri sudah mendapatkan pemain sayap berkelas, yaitu Angel Di Maria.

2 dari 6 halaman

Ada Kecocokan

Federico Bernardeschi lebih banyak berperan sebagai sebagai pemain pelapis pada musim ini. Kontrak Bernardeschi bersama Juventus akan habis pada akhir musim ini. Pemain berusia 27 tahun tersebut mungkin akan dibiarkan bergabung dengan klub lain secara cuma-cuma. (AFP/Vicenzo Pinto)

Laporan dari 90min, klub yang berbasis di Kanada itu memang telah lama menargetkan Bernardeschi. Ia diproyeksikan mengisi peran Alejandro Pozuelo yang hijrah ke Inter Miami.

"Setelah bertemu dengan Federico beberapa minggu yang lalu, kami pikir dia sangat cocok untuk apa yang kami coba bangun di sini di TFC dan berharap untuk membawanya ke lapangan,” terang direktur olahraga Toronto FC, Bob Bradley.

"Dia adalah pemain menyerang yang juga dikenal bekerja keras untuk tim. Federico adalah pemain kaki kiri yang nyaman bermain di sayap kanan tetapi juga bisa meluncur ke posisi tengah saat dibutuhkan,” tegasnya.

3 dari 6 halaman

Pernyataan Presiden Klub

Gelandang Juventus, Federico Bernardeschi membawa bola dari kawalan bek Lazio, Adam Marusic pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di “Stadion Allianz” di Turin, Selasa (17/5/2022). Dengan hasil imbang ini, Juventus berada di posisi ke empat klasemen dengan 70 poin dan Lazio berada peringkat lima dengan 63 poin. (AFP/MARCO BERTORELLO)

Sementara itu, Presiden Toronto Bill Manning mengaku sangat Bahagia setelah keberhasilan menggaet Bernardeschi. Keberadaan eks pemain Fiorentina itu bakal menambah kuat timmya.

“Kami percaya dia adalah apa yang kami butuhkan saat ini, baik di lapangan maupun di ruang ganti. Federico telah membuktikan dirinya sebagai juara dan pemimpin di Juventus dan untuk tim nasional Italia dan membawa dampak positif ke Toronto," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Sempat Digoda Napoli dan Atletico Madrid

Federico Bernardeschi. Setelah 3 musim memperkuat Fiorentina mulai 2014/2015 hingga 2016/2017, pemain sayap kanan Italia ini hijrah ke Juventus pada awal musim 2017/2018. Bersama Juventus hingga kini, ia telah tampil 170 laga di semua ajang dengan torehan 11 gol dan 24 assist. (AFP/Andreas Solaro)

Federico Bernardeschi sempat berstatus tanpa klub setelah berpisah dengan Juventus. Kabarnya, Napoli dan Atletico Madrid sama-sama menginginkan jasa pemain 28 tahun Italia tersebut.

Bernardeschi dibeli Juventus dari Fiorentina pada 2017 dengan harga yang cukup mahal, yakni €40 juta. Namun, kariernya di Turin tidak mulus, bahkan bisa dibilang kalau dia sudah gagal memenuhi harapan.

Meski begitu, Bernardeschi masih diminati. Dua klub siap menampungnya, yakni Napoli dan Atletico Madrid. Namun kedua tim sama-sama gagal menggaetnya, setelah ia memilih hijrah ke MLS.

5 dari 6 halaman

Susul Lorenzo Insigne

Lorenzo Insigne - Bomber imut Napoli ini merupakan salah satu pemain yang harus diwaspadai Barcelona. Selain memiliki kecepatan diatas rata-rata, Insigne juga dilengkapi dengan tendangan keras nan akurat yang bisa membuat kiper lawan menderita. (AFP/Tiziana Fabi)

Bernardeschi menjadi pemain internasional Italia kedua yang bergabung dengan Toronto FC musim panas ini setelah Lorenzo Insigne didatangkan dari Napoli.

Sebelumnya Lorenzo Insigne lebih dulu oleh Toronto FC dari Napoli. Pemain Timnas Italia itu juga mendapat kontrak selama empat musim.

Sumber: 90min

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Juventus Musim Lalu

Berita Terkait