Foto: Perjalanan Timnas Basket Indonesia di Ajang FIBA Asia Cup 2022, Sayonara untuk Piala Dunia Basket 2023

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 19 Jul 2022, 16:03 WIB
Langkah Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022 harus terhenti usai takluk dari China 58-108 pada babak playoff perempat final, Senin (18/07/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Indonesia sendiri tergabung ke dalam Grup A bersama juara bertahan Australia, Arab Saudi, dan Yordania. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Timnas Basket Indonesia menunjuk Milos Pejic sebagai pelatih kepala di ajang FIBA Asia Cup 2022 menggantikan Rajko Toroman yang mengundurkan diri satu hari menjelang laga pembuka. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Roster Timnas Basket Indonesia meliputi Derrick Michael, Marques Bolden, Brandon Jawato, Abraham Grahita, dan Andakara Prastawa sebagai kapten tim. Sementara itu, di bangku cadangan, ada Arki Wisnu, Vincent Kosasih, Muhammad Arighi, Juan Laurent, Agassi Goantara, Yudha Saputera, dan Widyanata Putra Teja. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Timnas Basket Indonesia berhasil membawa kemenangan di hari pertama usai mengalahkan Arab Saudi dengan skor 80-54. Maruqes Tarrell Bolden keluar sebagai pemain terbaik dengan menyumbang 32 poin dan 16 rebound. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Kemenangan tersebut berhasil menambah rasa percaya diri Skuat Garuda untuk melakoni laga selanjutnya. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Indonesia menjalani laga ketat melawan Yordania pada Kamis (14/07/2022). Derrick Michael dan kolega hanya berselisih satu angka hingga akhir kuarter kedua dengan kekalahan 38-39 atas Yordania. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Sayangnya, meski tampil di depan ribuan pendukung sendiri, Timnas Basket Indonesia harus menyerah 65-74 dari Dar Tucker Cs. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Derrick Michael tampil impresif di laga tersebut. Pemain berdarah campuran Kamerun dan Sumatera Utara tersebut berhasil mencetak 19 poin dan 6 rebound. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Timnas Basket Indonesia berhadapan dengan juara bertahan Australia di matchday ketiga. Mereka terlihat kesulitan melawan tim yang berjuluk The Boomers itu. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Tim asuhan Milos Pejic pun harus menyerah 53-78 dari sang lawan. Kekalahan tersebut membuat Indonesia finis di urutan ketiga Grup A dan harus menjalani laga playoff perempat final melawan China. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Timnas Basket Indonesia memiliki misi berat di laga tersebut. Pasalnya, mereka harus mampu masuk delapan besar di FIBA Asia Cup 2022 untuk dapat tampil di Piala Dunia Basket 2023, dimana Indonesia sendiri merupakan salah satu tuan rumahnya. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Laga tersebut berlangsung sengit, bahkan sempat ada insiden panas yang melibatkan Derrick Michael dan Zhai Xiaochuan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Pemain Timnas Basket Indonesia pun akhirnya harus angkat tangan dari China dengan skor 58-108. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Dengan kekalahan tersebut membuat langkah Timnas Basket Indonesia di ajang FIBA Asia Cup 2022 akhirnya terhenti. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Selain itu, mimpi Timnas Basket Indonesia untuk tampil di Piala Dunia Basket 2023 juga harus pupus dan hanya akan menjadi penonton di rumahnya sendiri. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)