Foto: Mengenal Yuzuru Hanyu, Pangeran Es Jepang yang Resmi Gantung Sepatu

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 22 Jul 2022, 16:13 WIB
Yuzuru Hanyu merupakan seorang atlet figure skating asal Jepang yang memutuskan untuk pensiun pada Selasa (19/07/2022). (AFP/Anne-Christine Poujoulat)
Dikutip dari USA Today, Yuzuru Hanyu lahir pada 7 Desember 1994 di Sendai, Jepang. Anak dari pasangan Hidetoshi Hanyu dan Yumi Hanyu ini diketahui telah belajar skating sejak usia empat tahun. (AFP/Philip Fong)
Yuzuru mulai bermain skating secara kompetitif sebagai pemula pada tahun 2004. Ia menjadi skater termuda yang meraih gelar di Kejuaraan Junior Jepang saat berusia 13 tahun. Pada tahun 2009, ia juga pernah meraih medali emas di Kejuaraan Figure Skating Junior di Jepang. (AFP/Marco Bertorello)
Pria berjuluk 'Pangeran Es Jepang' tersebut menjadi skater figure pertama yang berhasil melakukan quadruple toe loop dalam kompetisi. Kala itu, ia melakukannya di Montreal pada 2016. (AFP/Wang Zhao)
Yuzuru pernah meraih medali emas pada ajang Olimpiade sebanyak dua kali, yaitu saat Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 dan Olimpiade Musim Dingin Pyongyang 2018. (AFP/Javier Soriano)
Selain itu, ia juga pernah meraih medali emas di Kejuaraan Dunia tahun 2014 dan 2017. Torehan tersebut belum termasuk empat medali emas di ajang Grand Prix Final, serta beberapa kejuaraan figure skating lainnya. (AFP/Mladen Antonov)
Yuzuru Hanyu mengumumkan keputusan untuk pensiun pada Selasa (19/07/2022) lalu. Melalui konferensi pers, ia mengaku mengalami masalah pada ligamen pergelangan kaki yang membuatnya tidak mampu tampil maksimal pada beberapa ajang terakhir. (AFP/Philip Fong)