Duel Antarlini PSS Vs PSM di BRI Liga 1 2022 / 2023: Adu Kreativitas Ze Valente Kontra Wiljan Pluim

oleh Abdi Satria diperbarui 23 Jul 2022, 10:45 WIB
Liga 1 - Duel Antarlini - PSS Sleman Vs PSM Makassar (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - PSS Sleman dan PSM Makassar bakal terlibat duel sengit pada laga perdana di BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (23/7/2022).

Dalam dua pertemuan musim lalu, keduanya selalu bermain imbang dengan skor 2-2 dan 0-0. Kali ini, tentu Tim Super Elja dan Tim Juku Eja sama-sama ingin meraih tiga poin, sekaligus membuka jalan untuk bersaing dengan tim lainnya di kompetisi kasta tertinggi.

Advertisement

Seperti diketahui, PSS Sleman dan PSM Makassar mengakhiri BRI Liga 1 musim lalu dengan berada di papan bawah. PSS bertengger diperingkat ke-13 dengan koleksi 39 poin dari 34 laga. Adapun PSM setingkat di bawah PSS dengan poin 38.

Pencapaian minor itu membuat manajemen kedua klub melakukan pembenahan serius agar pengalaman pahit musim lalu tak terulang. PSS Sleman kembali memakai jasa Seto Nurdiantoro, pelatih yang membawa mereka promosi ke Liga 1 pada 2018.

PSS pun mendatangkan empat pemain asing yang pertama kali berkiprah di Indonesia yakni Tallysson Duarte (bek/Brasil), Ze Valente (gelandang/Portugal), Jihad Ayoub (gelandang/Lebanon), dan Mychell Chagas (striker/Brasil).

Dari empat pemain asing itu, Ze Valente mencuri perhatian pendukung PSS berkat penampilan apiknya di Piala Presiden 2022. Pada ajang pramusim itu, pria berusia 28 tahun itu mencetak satu gol dan satu asssit.

Berpostur ideal dengan tinggi 180 cm, Valente bukan hanya pas sebagai gelandang serang, tetapi juga menjadi 'striker palsu' PSS Sleman.

 

 

2 dari 7 halaman

Bernardo Tavares Bangkitkan Semangat Suporter PSM

Bernardo Tavares, pelatih baru PSM asal Portugal. (Istimewa)

Langkah serupa dilakukan PSM Makassar yang mengontrak pelatih asal Portugal, Bernardo Tavares. Kehadiran Tavares yang pernah berkiprah di Bahrain, India, dan Qatar itu membangkitkan asa pendukung Tim Juku Eja yang sempat skeptis melihat komposisi pemain baru timnya.

Tetapi, Tavares membuktikan kapasitasnya dengan membawa tim asuhannya menembus delapan besar Piala Presiden 2022 dan semifinal Piala AFC 2022 zona ASEAN.

Seperti pada musim lalu, Tim Juku Eja kembali bertumpuh pada Wiljan Pljuim, satu-satunya pemain asing yang dipertahankan. Gelandang asal Belanda itu membuktikan diri sebagai bagian penting PSM dengan mencetak dua gol di Piala Presiden 2022.

Menariknya, dua gol Pluim itu terjadi saat PSM menghadapi Arema FC dan Borneo FC, dua tim yang bertemu di partai puncak Piala Presiden 2022.

Sebagai pendamping Pluim, manajemen PSM merekrut Yuran Fernandes (bek/Tanjung Verde), Kenzo Nambu (gelandang/Jepang), serta Everton Nascimento (striker/Jepang).

Pada laga nanti, Pluim akan beradu kemampuan dengan Valente sebagai gelandang serang sekaligus pencetak gol buat tim masing-masing. Tentunya, kemampuan Pluim dan Valente bakal optimal bila mendapatkan dukungan maksimal dari rekan setimnya.

Sebagai pengantar jelang laga Bola.com membuat narasi singkat duel antarlini kedua tim. Berikut ini ulasannya:

 

3 dari 7 halaman

Kiper

Kiper PSS, M. Ridwan, saat bertanding melawan Persis Solo dalam lanjutan pertandingan babak penyisihan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Sabtu (11/6/2022). (Bola.com/Arief Bagus)

Keputusan M. Ridwan meninggalkan Madura United dan berlabuh ke PSS Sleman sudah tepat. Di Tim Super Elja itu, Ridwan yang pernah berkostum Persib Bandung, Gresik United, Semen Padang, dan Persela Lamongan berpeluang menjadi kiper nomor satu berkat aksinya di Piala Presiden 2022.

Kelebihan Ridwan sebagai kiper adalah refleksnya yang terbilang baik. Ia akan beradu kemampuan dengan kiper muda PSM, Reza Arya Pratama, yang tampil penuh buat timnya di Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022.

Bagi Reza yang baru berusia 22 itu, kepercayaan yang diberikan Bernardo Tavares wajib dijaga dengan tampil prima dalam setiap laga. Pasalnya, PSM masih memiliki kiper, Rivki Mokodompit serta Harlan Suardi.

Seperti diketahui, Rivki membawa Dewa United promosi ke Liga 1. Begitu pun dengan Harlan bersama Persis Solo.

 

4 dari 7 halaman

Belakang

Bek PSM Makassar, Yuran Fernandes, melakukan duel udara di kotak penalti Kuala Lumpur City FC saat kedua tim bertanding pada Piala AFC 2022 di Stadion KLFA, Malaysia, Jumat (24/6/2022) malam WIB. (Dok. PSM Makassar)

Tak percuma manajemen PSM mendatangkan stoper asal Tanjung Verde, Yuran Fernandes, untuk mempersolid belakang. Sejauh ini, penampilan bek bertinggi badan 196 cm tersebut terbilang apik.

Kejelian membaca arah bola dan ketenanganya dalam menghadapi serangan frontal lawan jadi nilai plus.

Terbukti, dalam enam laga PSM di Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022, gawang PSM yang dikawal Reza Arya hanya kebobolan tiga gol. Malah tiga laga diantaranya, PSM mencetak tiga cleansheet.

Adapun PSS Sleman berharap pada ketangguhan Tallysson Duarte, bek asal Brasil yang baru diresmikan statusnya pada Selasa (19/7/2022). Aksi stoper bakal jadi sentral pada laga nanti, karena kekuatan bek dari dua sisi sayap relatif seimbang.

5 dari 7 halaman

Tengah

Jenderal baru di lini tengah PSS Sleman, Ze Valente (Dok. PSS Sleman)

Laga nanti jadi kesempatan terbaik buat gelandang PSS Sleman, Ze Valente unjuk kemampuan di BRI Liga 1 2022/2022. Apalagi, pria berpaspor Portugal itu akan beradu kreativitas dengan kapten PSM, Wiljan Pluim yang menyandang status gelandang papan atas di kompetisi kasta tertinggi Indonesia.

Keduanya sama-sama dari Eropa serta memiliki akurasi umpan serta dribling bola yang terbilang baik. Saat beraksi nanti, Valenta bakal ditopang dua gelandang pekerja yakni Dave Mustaine dan Jihad Ayoub.

Sementara itu, Pluim akan dikawal oleh Rasyid Bakri atau M. Arfan. Pelatih PSM juga masih menunggu perkembangan terakhir Akbar Tanjung, Ananda Reihan atau Kenzo Nambu

 

6 dari 7 halaman

Depan

Striker anyar PSM, Everton Nascimento, mencetak duaa gol saat timnya menekuk Tampines Rovers dengan skor 3-1 di Grup H Piala AFC 2022.

Gol itu sekaligus membungkam kritik yang tertuju padanya, karena sempat kesulitan membobol gawang lawan pada laga uji coba dan penyisihan grup Piala Presiden 2022.

Eks striker Al-Hidd (Bahrain) itu bakal disuplai umpan dari dua penyerang sayap PSM, Yacob Sayuri dan Rizki Eka Pratama.

Situasi berbeda dialami striker PSS, Mychell Chagas, yang sama seperti Everton berpaspor Brasil dan baru pertama berkiprah di kompetisi Indonesia. Meski belum teruji, pengalaman bermain di Liga Swiss dan China bisa jadi acuan untuk mengukur kapasitas Chagas.

7 dari 7 halaman

Simak Posisi Akhir Liga 1 Musim Lalu

Berita Terkait