Timnas Indonesia U-16 Krisis Kiper di Piala AFF U-16 2022, Sampai Mau Daftarkan Markus Horison

oleh Hery Kurniawan diperbarui 01 Agu 2022, 13:19 WIB
Arkhan Kaka merayakan gol yang ia cetak ke gawang Filipina pada Piala AFF U-16 2022, Minggu (31/7/2022) (Bola.com/Hery Kurniawan)

Bola.com, Solo - Ada pemandangan yang tidak terlalu mengenakkan pada laga antara Timnas Indonesia U-16 melawan Filipina di Piala AFF U-16 2022, Minggu (31/7/2022) malam WIB.

Pada pertandingan itu kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman, tampil kurang meyakinkan. Beberapa kali tangkapannya tidak lengket.

Advertisement

Ada satu momen yang membuat penonton dag dig dug dalam laga itu. Andrika salah mengumpan yang nyaris membuat gol bunuh diri pada pertandingan tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menanggapi penampilan kipernya itu. Ia mengungkapkan sedang mendapatkan ujian di posisi penjaga gawang.

"Memang Timnas Indonesia U-16 lagi agak sedikit dapat ujian. Kiper ada empat, tiga yang kami daftarkan. Tapi Ikram (Algifari) kena cacar air, itu kiper utama," ujar Bima.

 

2 dari 5 halaman

Baru Pulih dari Cedera

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memantau proses seleksi untuk Piala AFF U-16 2021. (PSSI).

Bima kemudian mengungkapkan, Andrika Fathir belum lama bergabung dengan skuadnya. Kiper asal Jakarta itu baru bergabung dengan Timnas Indonesia U-16 dalam sepekan terakhir.

Selain itu, Andrika juga sempat mengalami cedera lutut yang cukup parah. Ditambah beban bermain pada laga perdana sebuah kompetisi, Bima merasa wajar Andrika agak sedikit gugup.

"Andrika ini termasuk baru sementara ada satu lagi kiper yang cedera," kata Bima.

"Andrika juga sempat cedera lutut, dia baru seminggu datang. Bersyukur bisa tampil walau grogi, ini laga pertama pasti ada beban juga," lanjut Bima.

 

3 dari 5 halaman

Sempat Mau Daftarkan Markus Horison

Pelatih Bima Sakti menyebut, Timnas Indonesia U-16 mengalami perkembangan positif setelah menggelar pemusatan latihan selama sepekan di Yogyakarta. (dok. PSSI)

Kondisi krisis di penjaga gawang itu membuat Bima Sakti sempat memiliki ide menarik. Dengan nada bercanda, Bima mengaku sempat ingin mendaftarkan Markus Horison untuk bermain di Piala AFF U-16 2022.

Diketahui, Markus kini memang bertugas sebagai salah satu asisten Bima Sakti. Eks kiper Timnas Indonesia itu bertanggung jawab melatih para kiper Timnas Indonesia U-16.

"Jadi kami mau daftarkan Markus kemarin, bener itu," ungkap Bima sembari tertawa.

 

4 dari 5 halaman

Harga Tiket Pertandingan Timnas Indonesia U-16 Turun

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka berduel dengan kiper Filipina dalam laga Piala AFF U-16 2022 (Bola.com/Hery Kurniawan)

Sementara itu, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, yang hadir langsung pada laga itu menjanjikan akan menurunkan harga tiket. Hal itu dilakukan untuk memancing dukungan yang lebih banyak dari masyarakat kepada Timnas Indonesia U-16.

Seperti diketahui, laga antara Indonesia versus Filipina di Stadion Maguwoharjo minim penonton. Menurut catatan resmi pengawas pertandingan, jumlah penonton yang hadir di stadion hanya 1439 orang.

"Tribune merah dari 75 ribu rupiah menjadi 60 ribu, tribune biru dari 100 ribu menjadi 80 ribu," kata Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI, Budiman Dalimunthe.

"Ada komplimen juga di tribune biru dan merah. Setiap beli empat tiket mendapatkan satu komplimen," sambungnya.

 

5 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan dan Jadwal Timnas Indonesia U-16

Minggu, 31 Juli 2022:

Timnas Indonesia U-16 2 - 0 Filipina

Rabu, 3 Agustus 2022:

20.00 WIB: Singapura Vs Timnas Indonesia U-16 (Stadion Maguwoharjo)

Sabtu, 6 Agustus 2022:

20.00 WIB: Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam (Stadion Maguwoharjo)

Berita Terkait