Liga Inggris: Arsenal Resmi Melepas Bernd Leno ke Tim Promosi Fulham

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 03 Agu 2022, 06:32 WIB
Bernd Leno - Penjaga gawang Arsenal juga mempunyai kesempatan berkiprah di Piala Dunia 2022 di Qatar nanti. Kendati masuk dalam daftar kiper di skuad timnas Jerman akan tetapi ia baru bermain sekali dari total 10 pertandingan di sepanjang babak kualifikasi. (AFP/Rui Viera)

Bola.com, Jakarta - Arsenal resmi menjual Bernd Leno ke tim promosi Liga Inggris, Fulham, Rabu (3/8/2022). Kiper asal Jerman itu dijual murah.

Fulham mendatangkan Bernd Leno dari Arsenal dengan mahar delapan juta Poundsterling. Namun, baru tiga juta pounds yang dibayarkan.

Advertisement

Satu juta pounds akan dibayarkan jika Leno telah mencapai sekian pertandingan sesuai perjanjian. Empat juta sisanya baru dibayarkan masing-masing dua juta jika Fulham bisa lepas dari jerat degradasi di musim 2022/2023 dan 2023/2024.

Bernd Leno akan mendapatkan kontrak berdurasi tiga tahun. Kiper berusia 30 tahun itu juga punya opsi perpanjangan satu tahun di dalam kontraknya.

2 dari 5 halaman

Tidak Sabar Main

Bek Arsenal, Granit Xhaka (kanan) dan kiper Bernd Leno merayakan kemenangan 2-0 atas Newcastle United dalam laga babak ke-3 Piala FA 2020/21 yang harus diselesaikan melalui extra time di Emirates Stadium, Sabtu (9/1/2021). (AFP/Glyn Kirk/Pool)

Leno nantinya akan menjadi pilihan utama Marco Silva di posisi penjaga gawang Fulham. Kiper asal Jerman menggantikan posisi Marek Rodak.

"Rasanya luar biasa bisa berada di sini. Saya tidak sabar untuk bergabung dengan tim, berlatih, dan bermain dengan rekan-rekan baru," kata Leno kepada FFCtv.

"Saya puas segalanya telah selesai. Saya senang berada di sini. Memang agak memakan waktu, tetapi yang paling penting adalah saya berada di sini."

3 dari 5 halaman

Kesulitan Main

Aaron Ramsdale. Kiper Inggris berusia 24 tahun ini baru 1 musim memperkuat Arsenal. Ia didatangkan dari sesama klub Liga Inggris, Sheffield United yang terdegradasi ke Championship pada awal musim 2021/2022 dengan nilai transfer 28 juta euro. Berkat penampilan apiknya, ia mampu menggeser posisi Bernd Leno sebagai kiper utama dan tampil dalam 37 laga di semua ajang dengan torehan 14 kali clean sheet dan kebobolan 41 gol. (AFP/Lindsey Parnaby)

Leno sempat kesulitan mendapatkan menit bermain di Arsenal sejak musim lalu. Ia hanya bermain selama delapan kali di seluruh ajang.

Kedatangan Aaron Ramsdale telah membuat Leno harus melepaskan posisi utama penjaga gawang Arsenal.

Belum lagi, Arsenal kini telah menambah kiper baru, yaitu Matt Turner, yang diyakini akan semakin menyulitkan Leno untuk bermain.

4 dari 5 halaman

Rekrutan Kelima

Bernd Leno. Kiper Jerman milik Arsenal berusia 29 tahun ini hanya menjadi pelapis dari Manuel Neuer. Baru memainkan 6 caps sejak 2016, dirinya juga tampil inkonsisten bersama Arsenal. Meski begitu, harganya masih setara dengan Wojciech Szczesny, 22 juta euro. (Foto: AFP/Fabrice Cofrini)

Dengan datangnya Leno, Fulham berhasil mendatangkan lima pemain baru jelang musim 2022/23.

Sebelumnya, Fulham berhasil mendapatkan Joao Palhinha, Andreas Pereira, Kevin Mbabu, dan Manor Salomon.

Amunisi baru ini diharapkan bisa jadi komponen penting Fulham agar tidak degradasi di musim ini.

Sumber: Fulham Official

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 3/8/2022)

5 dari 5 halaman

Daftar Transfer Arsenal Musim Ini

Masuk:

  • Gabriel Jesus - Man City
  • Fabio Vieira - FC Porto
  • Oleksandr Zinchenko - Man City
  • Matt Turner - New England Revolution
  • Marquinhos - Sao Paulo

Keluar:

  • Mattéo Guendouzi - Olympique Marseille
  • Bernd Leno - Fulham FC
  • Konstantinos Mavropanos - VfB Stuttgart
  • Alexandre Lacazette - Olympique Lyon
  • Auston Trusty - Birmingham City
  • Nuno Tavares - Marseille

Berita Terkait