Liga Italia: Firmino Alot, Juventus Coba PDKT dengan Memphis Depay

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 03 Agu 2022, 13:45 WIB
Barcelona - Memphis Depay (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Juventus memiliki kesempatan untuk mendapatkan Memphis Depay dari Barcelona. Saat ini klub Liga Italia itu dilaporkan sedang mendekati Roberto Firmino, namun negosiasi berjalan alot.

Kepergian Memphis Depay memang sudah diduga-duga sejak awal bursa transfer. Kedatangan Robert Lewandowski memperkuat spekulasi tersebut.

Advertisement

Saat ini ada terlalu banyak penyerang dalam tim Barca. Lewandowski jelas direkrut untuk jadi striker inti, masih ada Pierre-Emerick Aubameyang, jadi Depay yang bakal dikorbankan.

Persoalannya, tidak mudah menemukan klub yang berminat mendatangkan Depay. Celah inilah yang coba dimanfaatkan Juventus.

2 dari 5 halaman

Depay yang Terbuang

Memphis Depay. Striker Belanda berusia 28 tahun yang baru semusim berseragam Barcelona ini di awal kariernya menimba ilmu di Akademi PSV Eindhoven. Mulai musim 2006/2007 hingga pertengahan musim 2011/2012 ia tergabung bersama PSV Youth, PSV U-17 hingga PSV U-19. Ia dipromosikan tim senior PSV pada pertengahan musim 2016/2017 dan bertahan hingga akhir musim 2014/2015 hingga akhirnya dilepas ke Manchester United pada awal musim 2015/2016. Bersama Barcelona ia telah tampil dalam 37 laga di semua ajang dengan torehan 13 gol dan 2 assist. Kini ia dirumorkan akan dilepas Barcelona di awal musim 2022/2023. (AFP/Jose Jordan)

Depay direkrut Blaugrana secara free transfer musim lalu. Saat itu, Depay jadi bidikan utama Ronald Koeman untuk mengisi lini serang Barca.

Semusim berkostum Barcelona, performa Depay tidak bisa dibilang buruk, tapi juga tidak benar-benar bersinar. Masalahnya, Depay tidak benar-benar cocok dengan gaya main Barca di bawah Xavi.

Di sisi lain, kontrak Depay yang sekarang masih berlaku sampai tahun 2023 mendatang. Jadi, tidak ada alasan baginya untuk meninggalkan Barca begitu cepat. Dia hanya ingin pindah ke klub yang tepat.

3 dari 5 halaman

Dilirik Barcelona

Memphis Depay. Barcelona mendapatkan striker Belanda berusia 28 tahun ini secara gratis pada awal musim 2022/2023 dari Olympique Lyon yang telah dibelanya sejak tengah musim 2016/2017. Padahal nilai pasarnya saat itu masih senilai 45 juta euro atau kini setara Rp682 miliar, masih beda tipis dengan nilai pasar tertingginya yang mencapai 55 juta euro. Saat ini nilai pasarnya turun menjadi 35 juta euro. (AFP/Getty Images/Michael Reaves)

Situasi Depay pun kabarnya diperhatikan oleh Juventus. Bianconeri membutuhkan penyerang baru yang bisa bermain bersama Dusan Vlahovic di lini serang.

Menurut Mundo Deportivo, Juventus bisa disebut sebagai salah satu kandidat terkuat klub baru Depay. Masalahnya, sulit menemukan kesepakatan yang memuaskan setiap pihak.

Juve tidak mau mengeluarkan terlalu banyak uang untuk Depay. Barca, di sisi lain, tidak mau rugi dalam penjualan penyerang Belanda tersebut.

Di sisi lain, kabarnya ada beberapa klub yang juga berminat merekrut Depay, seperti Lyon, Tottenham, Newcastle, bahkan PSG.

4 dari 5 halaman

Cuci Gudang

Memphis Depay dan Frenkie de Jong - Barisan lini serang Barcelona kini kental dengan aura Timnas Belanda. Depay dan De Jong saat ini tengah berjuang bersama membawa kembali masa kejayaan Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Depay adalah satu dari tujuh pemain Barcelona yang masuk daftar jual. Ini dilakukan untuk mengurangi beban finansial.

Selain Depay, ada dua nama besar lainnya yang juga bakal didepak, yakni Frenkie de Jong dan Martin Braithwaite.

Sumber: Bola, Football Italia, Mundo Deportivo

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 3/8/2022)

5 dari 5 halaman

Daftar Tim Liga Spanyol 2022/2023