Bingung Prediksi Pekan Perdana Liga Inggris ? Yuk, Simak Hal Menarik 6 Laga Ramai Premier League : Nasib MU, Arsenal dan Chelsea

oleh Choki Sihotang diperbarui 04 Agu 2022, 18:08 WIB
Ini adalah laga perdana Haaland bersama Man City sejak dibeli dari Borussia Dortmund. (Justin Casterline/Getty Images/AFP)

Bola.com, Jakarta - Penggemar sepak bola di seluruh dunia sudah tak sabar menyambut Liga Inggris 2022/2023. Kompetisi terketat di kolong langit itu akan segera dimulai pada akhir pekan ini.

Crystal Palace dan Arsenal mendapat kehormatan membuka genderang perang perjalanan panjang Premier League musim ini. Tiga tim promosi dari Championship naik kasta. Ketiganya adalah Fulham, Bournemouth dan Nottingham Forest.

Advertisement

Jelang bergulirnya Premier League musim ini, ada baiknya kita melahap beragam informasi. Beberapa tim-tim unggulan macam Liverpool, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

 

2 dari 7 halaman

Crystal Palace Vs Arsenal

Bukayo Saka. Sayap kanan Inggris berusia 20 tahun yang memperkuat Arsenal sejak awal musim 2019/2020 usai dipromosikan dari tim U-23 ini mampu mencetak 11 gol dan 7 assist dari 38 laga di Liga Inggris selama musim 2021/2022. Dengan raihan tersebut, pemilik jersey bernomor punggung 7 ini sekaligus menjadi top skor klub mengalahkan Emile Smith Rowe dan Martin Odegaard yang masing-masing mencetak 10 dan 7 gol di Liga Inggris. (AFP/IKImages/Ian Kington)

Arsenal mengawali musim ini ke kandang Crystal Palace. Ini merupakan pertemuan kedelapan mereka di Premier League. Sebelumnya, dalam tujuh laga, Arsenal mengemas lima hasil imbang dan dua kali kalah.

Secara keseluruhan, Arsenal hanya pernah kalah tiga kali dari 24 pertandingan tandang melawan Palace (W13, D8). Termasuk kekalahan 0-3 di Selhurst Park musim lalu.

Kedua tim hanya bertemu pada matchday pertama Premier League pada 2014. Arsenal menang 2-1 di Emirates Stadium berkat gol Aaron Ramsey dan Laurent Koscielny.

 

3 dari 7 halaman

Fulham Vs Liverpool

Mohamed Salah menjadi pemain non Eropa yang berhasil mencetak 100 gol dalam waktu singkat di Liga Inggris. Ia mampu melakukan hal tersebut dengan hanya tampil dalam 116 laga. Jika dirata-rata, Salah mampu menciptakan 0,82 gol tiap penampilannya. Catatan tersebut berhasil melampau rekor Sergio Aguero yang mencetak 100 gol dalam 118 laga. (AFP/Paul Ellis)

Liverpool membuka musim barunya di Craven Cottage, menghadapi Fulham, yang baru promosi. Satu catatan, Liverpool belum pernah kalah dalam pertandingan papan atas berturut-turut. The Reds tak terkalahkan dalam empat pertemuan melawan Fulham di Craven Cottage. Hanya sekali tidak mencetak gol dalam sembilan pertandingan tandang terakhir mereka melawan Fulham.

Keduanya belum pernah bertemu pada laga awal di musim papan sebelumnya. Pemain anyar Liverpool, Fabio Carvalho, akan melakukan debutnya setelah bergabung dengan skuad Jurgen Klopp dari Fulham.

Carvalho mencetak 12 gol dan membuat 8 assist dalam 44 penampilan bersama Fulham musim lalu.

 

4 dari 7 halaman

Tottenham Vs Southampton

Gelandang Tottenham Hotspur, Ivan Perisic menyundul bola saat bertanding melawan Rangers selama pertandingan persahabatan di Stadion Ibrox di Glasgow (23/7/2022). Tottenham menang tipis atas Rangers 2-1. (AFP Photo/Andy Buchanan)

Spurs hanya kalah empat kali dari 23 pertandingan kandang mereka sebelumnya melawan Southampton. Mereka menang dengan skor agregat 55-26. Pada musim lalu, Spurs kalah dari Southampton dengan cara dramatis. Mereka takluk 2-3 lantaran gol telat pemain Southampton, Che Adams.

Kedua tim telah bertemu sekali pada laga pembuka Premier League 1992/1993. Hasil akhir imbang tanpa gol.

 

5 dari 7 halaman

Everton Vs Chelsea

Selebrasi pemain Chelsea, Marcos Alonso (kiri) usai menjebol gawang Crystal Palace dalam pertandingan Liga Inggris 2021/2022 di Stamford Bridge, London, Sabtu (14/8/2021). (Foto: AP/PA/Tess Derry)

Chelsea memulai musim Premier League 2022/2023 ke Goodison Park untuk menghadapi Everton. The Blues mengalami empat kekalahan tandang terakhir melawan The Toffees dan hanya mampu mencetak satu gol. Fakta lain, Chelsea hanya menang sekali di Goodison Park dalam delapan kunjungan sebelumnya. Rinciannya, sekali seri dan enam kalah.

Kedua tim hanya bersua sekali pada matchday pertama, bermain imbang 0-0 di Stamford Bridge pada 1995. Namun, torehan Chelsea di laga tandang pembuka Premier League tetap kuat, yakni 7 menang, 2 imbang dan 3 meradang.

 

6 dari 7 halaman

Manchester United Vs Brighton

Pemain Manchester United atau MU Cristiano Ronaldo melakukan pemanasan sebelum pertandingan Liga Inggris melawan Brentford di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Senin, 2 Mei 2022. (AP Photo/Jon Super)

Setan Merah membuka musim 2022/2023 dengan menyambut Brighton di Old Trafford. Brighton merupakan tim yang telah mereka kalahkan dalam lima pertandingan kandang sebelumnya di Premier League. Dari empat pertemuan kandang terakhir, MU telah mencetak setidaknya dua gol.

Saat membuka musim baru Premier League di Old Trafford, MU hanya kalah sekali. Itu terjadi pada 2014 saat mereka takluk 1-2 dari Swansea. Selebihnya, MU mencetak 13 kemenangan dan 3 seri.

Pada enam musim berturut-turut, MU melakoni pertandingan pembukaan Premier League di kandang sendiri. Itu merupakan rekor terpanjang dari tim mana pun.

 

7 dari 7 halaman

West Ham Vs Manchester City

Erling Haaland berhasil tampil menawan dengan menjadi mesin gol di Borussia Dortmund pada musim lalu. Penyerang asal Denmark tersebut akhirnya memilih berlabuh ke Manchester City pada bursa transfer musim panas 2022/2023 dengan harga 60 juta euro. Datangnya Haaland menjadi misi serius The Cityzens untuk melindungi gelar juara liganya. (AFP/Frank Augstein)

Manchester City membuka musim 2022/2023 di kandang West Ham. Nama terakhir tidak terkalahkan dalam 13 pertemuan terakhir mereka di Premier League. Man City punya fakta tujuh kali tak terkalahkan saat datang ke markas West Ham di ajang Premier League. The Citizens mencetak rata-rata 3,14 gol per pertandingan.

Kali terakhir West Ham berhasil menjaga clean sheet di kandang melawan City pada November 2012. Pada dua laga pembuka tandang Liga INggris sebelumnya, Man City mengemas dua kemenangan atas West Ham. Pertama menang 2-0 pada Agustus 2007 dan menang 5-0 pada 2019.

Striker anyar City, Erling Haaland, mencetak gol pada debut kompetisinya di Bundesliga, Liga Champions , dan DFB-Pokal. Dia secara luar biasa mencetak hat-trick di liga papan atas Jerman dan Liga Champions.

Sumber: sportingnews

Berita Terkait