Foto: Barisan 6 Pesepak Bola yang Paling Banyak Diganjar Kartu Merah di Dunia, Sergio Ramos Satu-satunya yang Masih Aktif Bermain

oleh Hendriyan diperbarui 09 Agu 2022, 13:23 WIB
Selain kekalahan, hal terburuk yang menimpa seorang pesepak bola dilapangan adalah saat ia menerima kartu merah dari wasit. Di samping merugikan tim dengan berkurangnya jumlah pemain, kartun merah juga amat potensial mengakibatkan kekalahan bagi tim. Dunia mencatat ada beberapa pemain dengan koleksi kartu merah terbanyak dan berikut daftar 6 besarnya. (AFP/Oscar Del Pozo)
Rafael Marquez. Bek tengah Meksiko yang kini berusia 43 tahun dan telah pensiun pada Juli 2018 bersama Atlas, klub Meksiko di awal kariernya, tercatat total menerima 21 kartu merah sepanjang karier sepak bolanya. Selama karier profesionalnya mulai 1996 hingga 2018 ia total membel 6 klub, di antaranya adalah AS Monaco dan Barcelona. Saat ini ia baru saja diberi kepercayaan menjadi manajer tim Barca Atletic sejak Juli 2022. (AFP/Lluis Gene)
Paolo Montero. Bek tengah Uruguay yang kini berusia 50 tahun dan telah pensiun pada Mei 2007 bersama Penarol ini tercatat total menerima 21 kartu merah sepanjang karier sepak bolanya. Selama karier profesionalnya mulai 1992 hingga 2007 ia hanya memperkuat 2 klub Eropa di Liga Italia, yaitu Atalanta dan Juventus hingga 2005. Di ujung kariernya ia membela San Lorenzo di Argentina dan menutup karier di Uruguay bersama Penarol. Saat ini ia menjabat sebagai pelatih Juventus U-19. (AFP/Vincenzo Pinto)
Alexis Ruano Delgado. Bek tengah Spanyol yang kini berusia 37 tahun dan telah pensiun pada Juli 2020 bersama Racing Santander ini tercatat total menerima 22 kartu merah sepanjang karier sepak bolanya. Selama karier profesionalnya mulai 2004 hingga 2020 mayoritas ia habiskan bersama klub-klub Spanyol. Selain itu ia juga pernah merumput bersama Besiktas dan Al-Ahly. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
Cyril Rool (kiri). Bek kiri Prancis yang kini berusia 47 tahun dan telah pensiun pada Juli 2010 bersama Marseille ini tercatat total menerima 27 kartu merah sepanjang karier sepak bolanya. Sang pemain memang terkenal gemar berurusan dengan wasit untuk sekedar berdebat. Seluruh karier sepak bolanya mulai 1993 hingga 2010 dihabiskan hanya bersama klub-klub di Liga Prancis. (AFP/Pascal Guyot)
Sergio Ramos. Bek tengah Spanyol berusia 36 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 lalu berseragam PSG usai meninggalkan Real Madrid ini tercatat sebagai satu-satunya pemain aktif dalam daftar dan besar kemungkinan masih akan menambah jumlah koleksi kartu merahnya yang kini mencapai 27 buah. Dari jumlah tersebut, 26 di antaranya didapat saat ia berseragam Real Madrid. (AFP/Oscar Del Pozo)
Gerardo Bedoya. Gelandang Kolombia yang kini berusia 46 tahun dan telah pensiun pada Juli 2015 bersama Cucuta Deportivo ini tercatat sebagai pemain dengan koleksi kartu merah terbanyak sepanjang kariernya, yaitu total 46 kartu merah. Pemain yang menghabiskan seluruh karier sepak bolanya mulai 1995 hingga 2015 bersama klub-klub Amerika Selatan ini kini menjabat sebagai manajer tim Valledupar, klub di kasta kedua Liga Kolombia. (AFP/Guillermo Legaria)

Berita Terkait