5 Pemain Arsenal yang Memukau saat Debut di Liga Inggris: Bikin Penonton Tercengang

oleh Choki Sihotang diperbarui 10 Agu 2022, 16:05 WIB
Gabriel Martinelli. Sayap Brasil berusia 21 tahun yang telah memperkuat Arsenal sejak awal musim 2019/2020 ini menjadi pencetak gol pembuka di Liga Inggris musim 2022/2023 saat mencetak gol pertama Arsenal di menit ke-20 ke gawang tuan rumah Crystal Palace (6/8/2022). Arsenal akhirnya membungkus kemenangan dengan skor 2-0 setelah mendapat gol tambahan lewat gol bunuh diri bek Crystal Palace, Marc Guehi di menit ke-85. (AP/Ian walton)

Bola.com, Jakarta - Arsenal tampil oke kala melakoni laga pembuka Liga Inggris 2022/2023. Menyambangi Selhurst Park, Sabtu (6/8), The Gunners menang dua gol tanpa balas. Sepasang gol Arsenal dicetak oleh Gabriel Martinelli serta gol bunuh diri Marc Guehi.

Tripoin perdana Meriam London itu tak lepas dari aksi memukau pemain debutan seperti Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko.

Advertisement

Mikel Arteta, sang pelatih, memuji performa anak-anak asuhnya, termasuk pemain debutan. "Sangat bahagia dan bangga, karena semua pemain tampil begitu luar biasa," kata Arteta, dilansir BT Sport.

Jesus dan Zinchenko merupakan dua dari sekian banyak pemain debutan yang tampil cihui dalam laga debut bersama Arsenal. Sebelumnya, beberapa pemain juga melakukannya. Mau tahu siapa saja?

 

2 dari 6 halaman

1. Patrick Vieira

1. Patrick Vieira - Vieira adalah pemain penting sekaligus pilihan utama Arsene Wenger di lini tengah The Gunners. Pria asal Prancis ini adalah sosok kapten yang membawa Arsenal menjuarai Liga Inggris musim 2003/04 tanpa sekali pun menelan kekalahan. (AFP/Odd Andersen)

Dia bisa jadi gelandang terbaik dalam sejarah Arsenal. Vieira menjalani debutnya di Premier League pada 1996. Masuk menggantikan Ray Parlour yang cedera melawan Sheffield Wednesday, Vieira membalikkan keadaan 0-1 menjadi kemenangan 4-1.

Dennis Bergkamp, koleganya, tak kuasa menahan pujian. "Apa yang terjadi di sini? Apakah saya benar-benar melihatnya dengan benar?" kata Bergkamp, penuh takjub.

"Saya ingat orang-orang membicarakannya. Dia mengontrol bola dengan sangat baik. Ketika Anda berpikir dia akan kehilangan bola, dia akan mengopernya kepada seseorang. Dia adalah tipe pemain yang berbeda," imbuh Bergkamp.

Ian Wright juga ikut angkat suara. "Saya belum pernah melihat pemain lini tengah seperti itu," sanjungnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang pernah menjadi pujaan bagi publik Arsenal. Namun, ketajamannya yang menurun ditambah dengan masalah indisipliner, memaksanya harus angkat kaki dari Emirates. Ia akhirnya resmi direkrut Barcelona pada hari terakhir bursa transfer Januari 2022. (AFP/Glyn Kirk)

Aubameyang merupakan salah satu striker paling mematikan di Eropa. Direkrut dari Borussia Dortmund pada 2018, ujung tombak berusia 33 tahun itu tampil mengilap kala bentrok kontra Everton di Emirates Stadium.

Dia sukses memaksimalkan umpan terobosan Henrikh Mkhitaryan dan melepaskan tembakan keras untuk menaklukkan Jordan Pickford. Gol!

"Kualitas pergerakannya sangat bagus. Kualitas penyelesaian akhirnya juga terlihat sangat bagus," puji Arsene kata Wenger. Kini, si licin bak belut itu hijrah ke Barcelona.

 

4 dari 6 halaman

3. Alexandre Lacazette

Alexandre Lacazette. Striker Prancis berusia 30 tahun yang kini memasuki musim ke-5 bersama Arsenal sejak didatangkan dari Lyon pada musim 2017/2018 total telah mencetak 53 gol dari 148 laga di Liga Inggris. Tanpa hattrick, raihan terbaiknya adalah 6 kali brace. (AP/Ian Walton)

Datang ke Emirates Stadium pada 2017, eks tukang egdor Lyon itu tak butuh waktu lama untuk mencuri hati fans dan sang bos, Arsene Wenger.

Debutnya tersaji saat bersua Leicester City pada 2017. Menang 4-3, Lacazette membuka keunggulan via gol keren di babak pertama.

 

5 dari 6 halaman

4. Mesut Ozil

Arsenal - Mesut Ozil (Bola.com/Adreanus Titus)

Setelah meninggalkan Real Madrid, tak sedikit yang meragukan masa depan Ozil di Arsenal. Namun, Ozil mementahkan semua tudingan miring terhadapnya.

Bersama Arsenal, dari 2013 hingga 2021, gelandang elegan asal Jerman itu justru tampil lebih liar dan sangar. Dia mengawali petualangannya bersama The Gunners dengan indah. September 2013, Arsenal menyambangi Sunderland. Dia hanya butuh waktu 11 menit untuk mencatatkan namanya di papan skor.

"Betapa menyenangkan rasanya melakukan debut, bermain untuk klub baru dengan rekan satu tim baru," kata Ozil yang saat ini berkostum İstanbul Başakşehir.

 

6 dari 6 halaman

Thomas Vermaelen

Thomas Vermaelen berseragam Arsenal sejak 2009 dan pernah dipercaya mengenakan ban kapten selama dua tahun. Bek tengah asal Belgia tersebut akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Emirates menuju Barcelona pada 2014. Namun, kariernya malah meredup akibat sering diterpa cedera. (AFP/Paul Ellis)

Kemenangan 6-1 Arsenal di markas Everton pada Agustus 2009 bisa dibilang merupakan laga pembuka terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Vermaelen mencetak gol kedua di Goodison Park yang membuatnya banjir pujian, termasuk dari Profesor Wenger. Sayang, cedera sempat mengurangi reputasi mantan pemain Ajax itu.

Sebelum dilepas ke Barcelona pada 2014, Vermaelen dinobatkan sebagai PFA Team of the Year pada musim 2009/10 dan mengakhiri musim terakhirnya dengan mengangkat Piala FA.

Sumber: Planet Football

 

Berita Terkait