Foto: Tampil Impresif, Max Verstappen Taklukkan Roller Coaster Formula 1 GP Belgia 2022 dari Posisi 14

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 29 Agu 2022, 05:33 WIB
Max Verstappen sukses menjadi yang tercepat di Formula 1 GP Belgia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (28/08/2022) malam WIB. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Pebalap asal Belanda tersebut memulai balapan dari posisi 14 karena terkena penalti penggunaan power unit yang telah melebihi jumlah yang diizinkan. Meskipun begitu, ia melakukan start dengan impresif. (AP/Olivier Matthys)
Verstappen mampu melesat ke depan dan memanfaatkan kekacauan akibat dua kecelakaan yang melibatkan Lewis Hamilton dan Fernando Alonso serta Nicholas Latifi dan Valtteri Bottas yang memicu intervensi saftey car. (AFP/John Thys)
Setelah restart, Verstappen mampu naik ke posisi enam usai melewati Alex Albon dan Daniel Ricciardo. Ia juga tak butuh lama untuk mengamankan posisi kelima dengan melibas Sebastian Vettel menuju chicane. (AP/Olivier Matthys)
Memasuki Tikungan 5, Verstappen berhasil menyalip juara dunia F1 dua kali, Fernando Alonso. Setelah itu, ia mampu mengambil alih P3 dari George Russell. (AFP/John Thys)
Saat Carlos Sainz memutuskan untuk melakukan pit stop, pimpinan lomba berhasil diambil alih oleh Sergio Perez. Namun, tak berlangsung lama, Max Verstappen berhasil menyalip rekan setimnya tersebut dan memimpin balapan. (AP/Olivier Matthys)
Sempat kehilangan posisinya sebagai pemimpin balapan setelah pit stop, Max Verstappen berusaha membuntuti Carlos Sainz dan akhirnya menyalipnya di Kemmel Straight. Juara bertahan Formula 1 2021 itu mampu memimpin sekitar 4 detik atas Sainz pada lap ke-20. (AP/Olivier Matthys)
Hingga akhir perlombaan F1 GP Belgia 2022, laju Verstappen tidak terkejar. Ia bahkan mampu mencatatkan lap tercepat dengan waktu 1 menit 49,354 detik. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Kemenangan tersebut membuat Verstappen semakin tak terkejar di tangga klasemen Formula 1 2022. Ia berhasil memimpin dengan 284 poin disusul oleh rekan setimnya, Sergio Perez dengan koleksi 191 poin. (AP/Olivier Matthys)