5 Debutan Tertua MU di Liga Inggris: Gokil, Ada yang Berumur 37 Tahun!

oleh Suharno diperbarui 31 Agu 2022, 19:35 WIB
1. Edwin van der Sar - Mantan kiper Manchester United ini pernah sembilan musim bersama Ajax Amsterdam. Pria asal Belanda itu mencatatkan 226 penampilan dan bergelimang prestasi, termasuk Liga Champions musim 1994/95. (AFP/Filippo Monteforte)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) terkadang menyia-nyiakan pemain muda didikan akademi klub. Sebut saja Kieran Richardson, Darren Gibson hingga Danny Welbeck yang terbuang dari Old Trafford di usia muda.

Ketika Red Devils membuang para pemain mudanya, di sisi lain justru merekrut pemain tua. Ada banyak pemain berusia 30 tahun lebih yang Manchester United datangkan.

Advertisement

Jadi, pemain-pemain tersebut menjalani debut bersama MU di Liga Inggris dalam usia yang dibilang sudah senja. Ada yang langsung bisa beradaptasi, ada juga yang butuh waktu menyesuaikan diri.

Salah satu pemain yang moncer meskipun baru debut di usia lebih dari 30 tahun bersama MU di Liga Inggris adalah Edwin van de Sar. Dia adalah salah satu kiper terbaik dalam sejarah Red Devils. 

Berikut lima pemain tertua yang menjalani debut bersama MU di Liga Inggris. Ada yang mampu membuktikan pengalamannya, sebagian lainnya hanya menjadi pelengkap.

 

2 dari 6 halaman

1. Andy Goram (37 Tahun 1 Hari)

Andy Goram. Kiper asal Skotlandia ini dipinjam Manchester United dari Motherwell pada tengah musim 2000/2001 untuk melapis Raimond van der Gouw dan Fabien Barthez yang tengah cedera. Ia berhak atas medali juara Liga Inggris di akhir musim meski hanya tampil dua kali di Liga Inggris. (Sportbible.com)

Ketika Fabian Barthez dan Raymond Van Der Gouw cedera bersamaan pada 2001, Manchester United mengalami krisis penjaga gawang. Jadi manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, membuat keputusan meminjam kiper klub Liga Skotlandia Motherwell bernama Andy Goram.

Goram melakukan debut bersama Manchester United di Liga PInggris sehari setelah ulang tahunnya yang ke-37. Tetapi dia kebobolan dua kali dalam kemenangan 4-2 melawan Coventry City dan ditarik keluar di menit ke-66 menit.

 

3 dari 6 halaman

2. Laurent Blanc (35 Tahun 9 Bulan 20 Hari)

Laurent Blanc. Bek tengah Prancis ini direkrut Manchester United dari Inter Milan pada awal musim 2001/2002. Ia saat itu berusia 35 tahun, 9 bulan dan 11 hari. Total 2 musim, ia tampil 48 kali di Liga Inggris dengan torehan 1 gol dan pensiun di akhir musim 2002/2003. (AFP/Philippe Huguen)

Sir Alex Ferguson sudah beberapa kali mencoba mendatangkan bek Timnas Prancis, Laurent Blanc, namun gagal. Baru pada 2001 Inter Milan melepas Blanc yang sudah berusia 35 tahun untuk hengkang ke Manchester United.

Blanc melakukan debut di Liga Inggris saat Manchester United melawan Everton. Dia dan menghabiskan dua tahun di MU hingga memutuskan gantung sepatu pada 2003.

 

4 dari 6 halaman

3. Henrik Larsson (35 Tahun 3 Bulan 24 Hari)

Henrik Larsson. Striker Swedia ini direkrut Manchester United sebagai pinjaman dari Helsingborg pada tengah musim 2006/2007. Ia saat itu berusia 35 tahun, 3 bulan dan 12 hari. Hanya bertahan 1 musim, ia hanya tampil 7 kali di Liga Inggris dengan torehan 1 gol. (AFP/Andrew Yates)

Striker legendaris itu gabung MU dengan kontrak pinjaman dua bulan dari Helsingborgs pada 2007. Henrik Larsson membuat kesan bagus saat mencetak gol pada debutnya di Piala FA melawan Aston Villa.

Enam hari kemudian, dia menjalani debut di Liga Inggris saat MU menghadapi lawan yang sama. Striker berpaspor Swedia ini mencatat 12 penampilan lagi bersama MU hingga akhirnya kembali lagi ke Swedia.

 

5 dari 6 halaman

4. Zlatan Ibrahimovic (34 Tahun 10 Bulan 11 Hari)

Zlatan Ibrahimovic. Striker Swedia berusia 40 tahun ini didatangkan Manchester United dari PSG dengan status bebas transfer pada awal musim 2016/2017 setelah membela PSG selama 4 musim mulai 2012/2013 hingga 2015/2016. Meski tak lagi muda, ia mampu tampil tajam selama 2 musim membela MU dengan total tampil dalam 53 laga di semua ajang dengan torehan 29 gol dan 10 assist. Sayang, cedera berkepanjangan memaksanya hengkang dari Old Trafford pada Maret 2018 menuju Los Angeles Galaxy juga dengan status bebas transfer. (AFP/Oli Scarff)

Tidak hanya Larsson, Ibrahimovic juga merupakan striker tua asal Swedia yang direkrut Manchester United. Banyak yang menyangsikan apakah Ibrahimovic yang sudah berusia 34 tahun mampu tampil baik di Inggris pada 2016 .

Namun, ia segera membungkam semua keraguan dengan torehan tiga gol dalam dua pertandingan pertamanya di Liga Inggris. Dia mencetak 28 gol dari 46 penampilan untuk Manchester United musim itu sebelum cedera melanda.

 

6 dari 6 halaman

5. Edwin van der Sar (34 Tahun 9 Bulan 15 Hari)

Edwin van der Sar. Kiper yang kini berusia 51 tahun dan kini menjabat CEO Ajax ini serta telah pensiun pada Juli 2011 bersama Manchester United yang diperkuatnya selama 6 musim. Ia didatangkan MU dari Fulham pada awal musim 2005/2006 dengan nilai transfer 4 juta euro dan langsung diplot sebagai kiper utama. Ia total tampil dalam 264 laga di semua ajang dengan torehan 135 kali clean sheet dan kebobolan 202 gol dan berhasil meraih 11 gelar di antaranya 4 trofi Premier League dan 1 trofi Liga Champions. (AFP/Adrian Dennis)

Pada 2005, Manchester United masih mencari kiper tangguh untuk mengisi posisi Peter Schmeichel. Setan Merah akhirnya mendatangkan kiper berusia 34 tahun seharga 2 juta poundsterling dari Fulham, Edwin van der Sar.

Kiper ini melakukan debutnya melawan Everton di usia 34 tahun lebih. Dia kemudian menjadi legenda MU setelah membantu klub memenangkan empat gelar Liga Premier dan Liga Champions pada 2008.

Sumber: Planet Football

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

Berita Terkait