Foto: Momen Kontroversial Wasit Byron Moreno di Piala Dunia 2002, Rugikan Italia namun Jadi Pembuka Jalan Korea Selatan Cetak Sejarah

oleh Hendriyan diperbarui 02 Sep 2022, 16:58 WIB
Piala Dunia 2002 menjadi momen tak terlupakan bagi Korea Selatan dan Italia. Sang tuan rumah sukses menjadi negara Asia dengan raihan terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia dengan merebut tempat ke-4. Sementara bagi Timnas Italia, Piala Dunia 2002 menjadi momen menyakitkan saat harus tersingkir dari Korea Selatan di babak 16 besar yang diwarnai dengan kepemimpinan kontroversial wasit Byron Moreno yang dinilai sangat merugikan Gli Azzurri. (AFP/Jacques Demarthon)
Timnas Italia berjumpa Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2002, 18 Juni 2002. Wasit asal Ekuador, Byron Moreno (kedua dari kanan) dipercaya memimpin laga yang dilangsungkan di Daejeon World Cup Stadium, Daejeon. (AFP/Jacques Demarthon)
Timnas Italia sudah unggul 1-0 pada menit ke-18. Gol dicetak melalui tandukan kepala Christian Vieri usai menerima umpan sepak pojok Francesco Totti. (AFP/Jimin Lai)
Italia sudah di ambang kemenangan dengan memimpin hingga menjelang akhir laga. Namun pada menit ke-88 Korea Selatan berghasil menyamakan skor 1-1 melalui gol Seol Ki-hyeon. Laga pun berlanjut dengan perpanjangan waktu dengan menganut aturan golden goal. (AFP/Kim Jae-hwan)
Sial Bagi Italia, Korea Selatan berhasil mencetak gol kemenangan hanya 3 menit menjelang babak kedua perpanjangan waktu usai, tepatnya di menit ke-117 melalui Ahn Jung-hwan. (AFP/Choi Jae-ku)
Kekalahan Italia atas Korea Selatan ini pun akhirnya mencuatkan nama Byron Moreno, sang pengadil yang dianggap banyak mengeluarkan keputusan kontroversial yang merugikan Timnas Italia. Yang pertama tentu saja saat memberi hadiah penalti kepada Korea Selatan di menit-menit awal babak pertama. Beruntung, sepakan Ahn Jung-hwan masih mampu dipatahkan Gianlugi Buffon. (AFP/Choi Jae-ku)
Sebelum gol emas Korea Selatan tercipta, Italia terlebih dahulu mencetak gol di babak perpanjangan waktu. Namun keputusan kontroversial kembali dibuat Byron Moreno dengan menganulir gol dari Damiano Tommasi tersebut karena dinyatakan offside. Padahal dalam tayangan ulang terlihat jelas keputusan tersebut keliru. (AFP/Martin Bernetti)
Kontroversi berikutnya adalah saat Byron Moreno mengeluarkan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah untuk Francesco Totti di babak perpanjangan waktu. Totti dianggap melakukan diving, padahal posisi Byron Moreno amat jauh dari tempat kejadian. (AFP/Kim Jae-hwan)
Dengan kemenangan atas Italia, Korea Selatan pun terus melaju. Di babak perempatfinal Korsel mengalahkan Spanyol lewat adu penalti. Kejutan tuan rumah berakhir di babak semifinal saat dikalahkan Jerman 0-1. Dengan lolos ke semifinal dan akhirnya menempati posisi ke-4 usai takluk dari Turki, Korea Selatan mencetak sejarah sebagai negara Asia dengan pencapaian terbaik hingga saat ini sepanjang sejarah Piala Dunia. (AFP/Kim Jae-hwan)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait