Liga Inggris: Ternyata Ini Alasan MU Batal Menggaet Sergino Dest di Bursa Transfer Musim Panas 2022

oleh Aryo Atmaja diperbarui 11 Sep 2022, 17:30 WIB
Sergino Dest. Bek Belanda berusia 20 tahun ini didatangkan dari Ajax bersamaan dengan kedatangan Ronald Koeman di Barcelona pada musim 2020/2021 lalu. Ia langsung diberikan kepercayaan mengawal lini belakang Barca dan telah tampil dalam 49 laga dengan torehan 3 gol dan 2 assist. (AFP/Franck Fife)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) sempat membidik bek sayap Barcelona, Sergino Dest di bursa transfer musim panas 2022 kemarin. Sang pemain akhirnya justru merapat ke AC Milan.

Kabar terbaru muncul berupa informasi menarik hal yang menjadi penyebab MU batal mendatangkan Sergino Dest.

Advertisement

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Manchester United membutuhkan bek kanan baru. Erik Ten Hag butuh pesaing untuk Diogo Dalot setelah ia dikabarkan kurang puas dengan penampilan Aaron Wan-Bissaka.

Nama Sergino Dest dilaporkan jadi target utama Erik Ten Hag. Namun hingga bursa transfer ditutup sang bek batal pindah ke Old Trafford dan Aaron Wan-Bissaka tetap bertahan.

The Athletic melaporkan bahwa transfer Dest itu sebenarnya nyaris terjadi. Namun salah satu petinggi MU memutuskan memveto transfer itu.

2 dari 5 halaman

Transfer Dibatalkan

Sergino Dest. Bek kanan Amerika Serikat berusia 21 tahun yang baru memperkuat Barcelona selama 2 musim sejak didatangkan dari Ajax Amasterdam pada awal musim 2020/2021 dengan nilai transfer 21 juta euro ini dibutuhkan Erik ten Hag untuk memperkuat posisi bek kanan Manchester United yang segera ditinggalkan Aaron Wan Bissaka usai tak masuk rencana sang pelatih. Meski masih menyiskaan Diogo Dalot, namun performanya masih labil dan belumm sesuai ekspektasi. (AFP/Lluis Gene)

Menurut laporan tersebut sosok yang membatalkan transfer Dest ke MU adalah John Murtough. Direktur Olahraga MU tersebut yang memutuskan untuk menentang transfer ini.

Ada sejumlah alasan mengapa Murtough menolak kehadiran Dest. Yang pertama adalah masalah performa.

Dest diketahui tidak tampil apik semenjak pindah ke Barcelona. Sehingga ia ragu untuk mendatangkan sang bek.

3 dari 5 halaman

Kesempatan untuk Wan-Bissaka

Aaron Wan-Bissaka. Bek kanan Inggris yang telah membela Manchester United sejak awal musim 2019/2020 usai didatangkan dari Crystal Palace ini sebenarnya selalu menjadi pilihan utama sejak kedatangannya hingga musim lalu. Namun sejak kehadiran Erik ten Hag di awal musim 2022/2023 ini posisinya tergusur oleh Diogo Dalot. Sempat diminati Crystal Palace dan West Ham United, sang pemain berpeluang bertahan di Old Trafford akibat MU telah kehabisan waktu untuk mencari penggantinya. (AFP/Paul Ellis)

Alasan lain mengapa Murtough menentang transfer Dest karena ia masih percaya kepada Aaron Wan-Bissaka.

Ia menilai Wan-Bissaka masih menunjukkan performa yang apik di skuat MU. Jadi ia percaya sang bek masih berguna untuk MU.

Setelah bernegosiasi dengan Ten Hag, sang manajer menyetujui keputusan Murtough. Jadi mereka batal merekrut Dest.

4 dari 5 halaman

Pindah ke Italia

8. Sergino Dest (Ajax Amsterdam) - Bermain sebagai bek kanan, Sergino Dest sudah bermain sebanyak 1.565 menit bersama Ajax Amsterdam.(AFP/Kenzo Tribouillard)

Meski tidak jadi dipinang Manchester United, Dest tetap pindah dari Barcelona di musim panas ini.

Ia merantau ke Italia untuk bergabung dengan AC Milan sebagai pemain pinjaman.

Sumber: The Athletic

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 11/9/2022)

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi MU di Musim Ini

Berita Terkait