Liga Inggris: Anthony Martial Bongkar 2 Dosa Solskjaer terhadap Dirinya

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 12 Sep 2022, 14:12 WIB
Anthony Martial. Striker Prancis berusia 26 tahun yang baru saja kembali ke Manchester United usai dipinjamkan selama setengah musim ke Sevilla ini langsung tampil oke dalam pramusim 2022/2023 bersama Setan Merah. Dalam 3 laga awal, ia selalu menyumbang 1 gol tiap laga, masing-masing saat menang 4-0 atas Liverpool (12/7/2022), 4-1 atas Melbourne Victory dan 3-1 atas Crystal Palace. Di laga ke-4 (23/7/2022) saat MU ditahan imbang 2-2 Aston Villa, ia gagal menyumbang gol. Berkat ketajamannya, besar kemungkinan ia akan dijadikan striker utama di bawah Erik ten Hag menghadapi musim 2022/2023. (AFP/Manan Vatsyayana)

Bola.com, Manchester - Striker Manchester United (MU), Anthony Martial, belum lama ini mengungkapkan dosa Ole Gunnar Solskjaer kepada dirinya selama berkerja bersama di Old Trafford. Martial mengklaim tidak diperlakukan adil oleh mantan manajernya itu. 

Anthony Martial mengalami periode pasang surut selama Solskjaer menangani MU. Musim 2019/2020 menjadi puncak kejayaannya saat pemain asal Prancis itu mencetak 23 gol dan 12 assist dari 48 pertandingan di seluruh ajang.

Advertisement

Saat diharapkan bisa tampil moncer lagi di musim selanjutnya, Martial justru melempem. Ia hanya mengemas tujuh gol dan sepuluh assist dari 36 pertandingan pada musim 2020/2021.

Tak ayal, Anthony Martial mendapatkan kritikan yang cukup deras dari para penggemar MU kala itu. Baginya hal ini tidak adil karena Ole melakukan dua dosa terhadap dirinya.

 

2 dari 5 halaman

Dosa Pertama: Dipaksa Bermain

Striker Manchester United Anthony Martial berlari dengan bola saat menghadapi Liverpool pada pertandingan persahabatan pramusim di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, 12 Juli 2022. MU menang 4-0 dan Martial menyumbang satu gol. (foto: MANAN VATSYAYANA / AFP)

Martial membeberkan kondisinya di musim 2020/2021 itu nyaris tidak pernah fit selama dimainkan. Namun, ia terus dipaksa bermain dan tidak punya pilihan lain.

"Orang-orang tidak tahu masalah yang saya hadapi. Saya tidak fit untuk bisa melakukan akselerasi selama empat bulan saat kompetisi berjalan di pandemi," ungkapnya kepada France Football.

"Tapi pelatih membutuhkan saya, jadi saya tetap harus bermain. Masalahnya dengan gaya main saya yang harus bisa melakukan akselerasi, situasinya akan sangat rumit."

 

3 dari 5 halaman

Dosa Kedua: Tidak Terbuka

Manchester United - Anthony Martial (Bola.com/Adreanus Titus)

Martial menegaskan tidak masalah jika dikritik ataupun disalahkan. Namun hal yang ia benci adalah keputusan Ole yang tidak pernah terbuka soal kondisi yang dialaminya.

"Lalu saya secara serampangan dikritik oleh fans. Pelatih tidak pernah buka suara soal ini kepada media," keluhnya.

"Saya menerima semua perlakuan itu semua dengan buruk. Saya merasa tidak diperlukan tidak adil."

 

4 dari 5 halaman

Seperti Pengkhianatan

Ole Gunnar Solskjaer merupakan mantan striker MU yang mampu mempersembahkan 126 gol dari 366 pertandingan. Ia juga turut membantu MU meraih 12 trofi juara. Sayangnya, nasib gemilangnya tak berlanjut saat menjadi pelatih. Ia dipecat oleh mantan klubnya setelah performa buruk MU. (AFP/Ian Kington)

Martial bahkan mengkategorikan apa yang dilakukan Ole kepada dirinya seperti sebuah pengkhianatan. Ia telah melakukan banyak untuk tim, tetapi tidak ada sedikit pun upaya apresiasi terhadap dirinya.

"Saya diminta untuk mengorbankan diri sendiri untuk tim, tetapi di belakang layar, saya diabaikan. Bagi saya, ini seperti sebuah pengkhianatan. Itu yang saya benci," papar dia.

Kini, Martial berusaha bangkit bersama pelatih baru Erik Ten Hag. Meskipun saat ini ia belum bisa dimainkan karena masih harus memulihkan diri dari cedera.

Sumber: France Football

Disadur dari: Bola.net (Penulis Abdi Rafi Akmal, published 12/9/2022)

 

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi MU

Berita Terkait