PSSI Siapkan 10 Stadion Untuk Menangkan Bidding Tuan Rumah Piala Asia 2023, Ada Banten International Stadium

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 13 Sep 2022, 13:20 WIB
Logo PSSI. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - PSSI menyiapkan 10 stadion untuk memenangkan pemilihan tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Banten International Stadium.

PSSI maju sebagai calon penyelenggara Piala Asia 2023 untuk menggantikan China bersaing dengan Korea Selatan, Qatar, dan Australia.

Advertisement

Belakangan, Australia mundur dari bursa kandidat tuan rumah Piala Asia 2023 karena lebih tertarik menyelenggarakan Piala Asia Putri 2026.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menentukan sekaligus mengumumkan tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022.

2 dari 5 halaman

Beberapa Stadion di Antaranya

Banten International Stadium (BIS), stadion bertaraf internasional pertama di Provinsi Banten diresmikan. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Ada 10 stadion yang telah diajukan PSSI kepada AFC untuk menjadi calon venue Piala Asia 2023 di antaranya Stadion Pakansari Kabupaten Bogor hingga Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi.

Selain itu, Banten International Stadium dan Stadion Patriot, Bekasi juga menjadi kandidat lokasi Piala Asia 2023 jika Indonsia terpilih sebagai penyelenggara.

Banten International Stadium adalah stadion baru yang terletak di Serang, Banten. Arena itu telah dibuka pada Mei 2022 dan berkapasitas 30 ribu penonton.

3 dari 5 halaman

Komentar Yunus Nusi

Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (PSSI).

Jadwal Piala Asia 2023 pada 16 Juni-16 Juli 2022 berhimpitan dengan Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2022.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi membuka peluang stadion yang tidak dipakai untuk Piala Dunia U-20 menjadi venue bagi Piala Asia.

"Kami sudah mengajukan beberapa stadion representatif untuk Piala Asia 2023. Ada sekitar sepuluh stadion, tetapi bisa saja lebih," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

4 dari 5 halaman

Hambatan

Yunus Nusi mengungkapkan bahwa stadion untuk Piala Dunia U-20 juga dipilih oleh PSSI sebagai venue Piala Asia.

"Apabila hambatannya adalah karena sebulan sebelum dimulainya Piala Asia sudah memilih stadion, maka kami bisa saja mengajukan stadion-stadion yang tidak digunakan untuk Piala Dunia U-20," kata Yunus Nusi.

PSSI menyodorkan enam stadion ke FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-20 yang terdiri dari Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, hingga Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

5 dari 5 halaman

Dokumen Bidding Terbaru

Tiga stadion lainnya yaitu Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

"Intinya, semua sudah kami masukan. Kami memberikan opsi semua stadion, baik yang dipakai di Piala Dunia U-20 atau pun tidak," tutur Yunus Nusi.

"Selanjutnya, AFC meminta PSSI mengirimkan dokumen bidding terbaru paling lama pada 15 September 2022," terang Sekjen PSSI asal Gorontalo itu.

Berita Terkait