Piala Dunia 2022: Pintu Timnas Jerman Masih Terbuka untuk Mario Gotze dan Mats Hummels

oleh Rizki Hidayat diperbarui 17 Sep 2022, 09:15 WIB
Mario Gotze akan memperkuat Eintracht Frankfurt pada musim depan. Ia dibeli dari PSV Eindhoven seharga 10 juta euro dengan kontrak hingga 2025. Sosok Gotze masih menjadi ingatan hangat saat jadi pahlawan kemenangan Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 silam. Meski tak muda lagi, pengalaman pria 30 tahun tersebut akan dibutuhkan oleh skuat yang berjuluk Die Alder. (AFP/Kenzo Tribouillard)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, tak mengikutsertakan Mario Gotze dan Mats Hummels dalam daftar pemain Timnas Jerman di UEFA Nations League 2022/2023. Kendati begitu, Flick menyebut keduanya masih berpeluang membela Jerman di Piala Dunia 2022.

Alih-alih memanggil Hummels, Flick justru memasukkan nama pemain belakang Southampton berusia 20 tahun, Armel Bella-Kotchap. Itu jadi pemanggilan pertama bagi sang pemain.

Advertisement

Sementara itu, untuk posisi gelandang serang, Flick lebih memilih memanggil Jamal Musiala, pemain berusia 19 tahun milik Bayern Munchen. Musiala juga tampil baik dalam beberapa laga terakhir bersama Die Bayern.

Hansi Flick masih membuka kesempatan bagi siapapun untuk masuk ke Timnas Jerman di Piala Dunia 2022. Walaupun dia sudah cukup puas dengan komposisi pemanggilan yang dilakukan kali ini.

 

2 dari 5 halaman

Mario Gotze Oke

3. Mario Gotze, gagal bersinar di Munchen membuat gelandang serang ini dikabarkan ESPN FC akan kembali ke klub lamanya Dortmund. Guna membawanya kembali pulang, Die Borussen harus menyiapkan dana 35 juta poundsterling. (AFP/Patrik Stollarz)

Flick mengakui Mario Gotze punya kualitas yang oke untuk masuk ke Timnas Jerman. Namun, eks pelatih Bayern Munchen itu meminta Gotze untuk terus menampilkan permainan terbaik bersama Eintracht Frankfurt, sebelum pemanggilan final Nationalelf di Piala Dunia 2022.

"Tetapi kami melihat apa yang dilakukan Mario. Ini sangat bagus, dan saya sangat senang di sana. Dia terlihat dewasa," kata Flick dilansir dari Opta.

"Kami tahu dia bisa bermain sepak bola. Dia memiliki setiap kesempatan jika dia terus menampilkan penampilan terbaik sebelum Piala Dunia," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Memanggil Mats Hummels

Pemain Jerman Mats Hummels (kiri) dan Antonio Ruediger merayakan setelah mencetak gol ke gawang Hungaria pada pertandingan Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munich, Jerman, Rabu (23/6/2021). Pertandingan berakhir imbang 2-2. (Lukas Barth/Pool Photo via AP)

Flick juga menyukai gaya bermain Hummels di Borussia Dortmund. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Hummels masih mungkin dipanggil ke timnas Jerman.

"Saya menyukai Mats Hummels saat melawan Manchester City. Dia dalam kondisi bagus, terlihat sangat fit," ujar Flick.

"Tetapi, dia hanya akan masuk jika benar-benar memberikan performa yang bagus," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Peluang Terbuka

Pelatih Jerman, Hansi Flick menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Armenia pada pertandingan grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 di stadion Mercedes-Benz Arena di Stuttgart, Jerman, Senin (6/9/2021). Jerman atas Armenia 6-0. (AP Photo/Matthias Schrader)

Hansi Flick mengakui skuad yang dipanggil kini berorientasi langsung ke Piala Dunia 2022. Kendati demikian, peluang untuk kedua pemain itu masih terbuka.

"Tim pelatih sudah dalam mode Piala Dunia. Kami memiliki kualitas luar biasa di lini serang, jadi bagi siapapun yang mau masuk ke sana akan sulit," ujar Flick.

"Tetapi mereka berdua memiliki peluang bagus untuk berada di dalam tim. Kami memiliki 21 pemain lapangan di skuad saat ini sehingga setidaknya dua posisi terbuka."

 

5 dari 5 halaman

23 Pemain Timnas Jerman untuk UEFA Nations League

Jerman - Tim Panser menjadi negara pertama yang memastikan melaju ke Piala Dunia 2022. Skuad Hansi Flick itu tampil mengesankan dengan mengoleksi 22 poin dari delapan laga yang sudah dijalani. (AP/Michael Sohn)

Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munich), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona), Kevin Trapp (Eintracht Frankfurt)

Belakang: Armel Bella-Kotchap (Southampton), Matthias Ginter (Freiburg), Robin Gosens (Inter), Thilo Kehrer (West Ham), David Raum (RB Leipzig), Antonio Rudiger (Real Madrid), Nico Schlotterbeck (Borussia Dortmund), Niklas Sule (Borussia Dortmund)

Tengah: Julian Brandt (Borussia Dortmund), Leon Goretzka (Bayern Munich), Joshua Kimmich (Bayern Munich), Ilkay Gundogan (Manchester City), Jonas Hofmann (Borussia Monchengladbach), Lukas Nmecha (Wolfsburg) Jamal Musiala (Bayern Munich)

Depan: Timo Werner (RB Leipzig), Kai Havertz (Chelsea), Marco Reus (Borussia Dortmund), Serge Gnabry (Bayern Munich), Leroy Sane (Bayern Munich), Thomas Muller (Bayern Munich)

Sumber: Opta

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal/Published: 16/09/2022)

Berita Terkait