Kiprah Timnas Indonesia di Piala AFC U-20: Pernah Disegani pada Era 1960-an

oleh Iwan Setiawan diperbarui 19 Sep 2022, 09:30 WIB
Piala Asia U-20 - ilustrasi Timnas Indonesia U-20 + Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia U-20 berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada tahun depan.

Keberhasilan melangkah ke turnamen yang dulu disebut Piala AFC U-20 itu didapatkan setelah Tim Garuda Nusantara menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga kualifikasi Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Advertisement

Dalam laga terakhirnya yang digelar pada Minggu (18/9/2022), Timnas Indonesia U-20 menekuk musuh bebuyutannya, Vietnam, dengan skor 3-2. Kemenangan ini membuat Tim Garuda Nusantara memiliki poin sempurna, 9 poin dari tiga pertandingan.

Dalam dua pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 menang telak 4-0 atas Timor Leste dan 5-1 atas Hong Kong.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-20. Berbagai cerita pernah diukir tim Merah-Putih di ajang turnamen yang dulunya bernama Piala AFC U-20 itu.

 

2 dari 5 halaman

Disegani pada Era 1960-an

Piala Asia U-20 - Ilustrasi Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Timnas Indonesia sempat disegani di Piala AFC U-20 pada era 1960-an. Dalam satu dekade saat itu, Tim Merah-Putih berahsil sekali jadi juara, dua kali menyabet predikat runner-up, dan dua kali bermain dalam perebutan tempat ketiga.

Namun, setelah era tersebut, Timnas Indonesia lebih sering menjadi penggembira dan tuan rumah. Berikut beberapa cerita yang pernah diukir Timnas Indonesia di Piala AFC U-20:

3 dari 5 halaman

Juara pada 1961

 

Ketika itu, Timnas Indonesia menjadi juara bersama dengan Myanmar setelah pertandingan final berakhir imbang.

Dari informasi yang dihimpun Bola.com, Timnas Indonesia U-20 saat itu membawa 18 pemain terbaiknya pada saat itu, seperti Bob Hippy, Willem Souw, Sonny Sandra, dan lainnya.

Ketika itu Timnas Indonesia ditangani Toni Pogacnik dan tergabung dengan Vietnam, Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Ketika itu, Vietnam dan Jepang berhasil ditekuk. Sementara laga kontra Korea Selatan dan Singapura berakhir imbang.

Ketika itu, sistem turnamen langsung mempertemukan Indonesia sebagai juara Grup A dengan Myanmar yang menjadi juara Grup B. Dua tim itu bermain imbang tanpa gol pada waktu normal.

Akhirnya penyelenggara memutuskan Timnas Indonesia dan Myanmar menjadi juara bersama.

4 dari 5 halaman

2 Kali Jadi Runner-up

 

Selain menjadi juara, Timnas Indonesia pernah dua kali hampir jadi yang terbaik lagi, yaitu pada 1968 dan 1970. Sayangnya, Timnas Indonesia U-20 menelan kekalahan di partai puncak.

Pada 1967, Timnas Indonesia kalah 0-3 darai Israel. Ketika itu, Timnas Indonesia hendak mengulang momen manis karena laga final berlangsung di Thailand, tempat yang sama ketika Timnas Indonesia juara pada 1961.

Sementara pada 1970, Timnas Indonesia menyerah dari Myanmar dengan skor telak 0-3 pada laga puncak. Ketika itu final berlangsung di Filipina. Sebuah penyesalan tentunya, karena Indonesia pernah menjadi juara bersama Myanmar pada 1961.

Selain itu, ada prestasi lain yang pernah dibuat Timnas Indonesia U-20, yaitu pada 1962. Ketika itu Timnas Indonesia memang tidak melaju ke final, tapi mereka menang 3-0 atas Malaysia dalam perebutan tempat ketiga.

5 dari 5 halaman

Tersingkir di Perempat Final 2018 oleh Jepang

 

Asa Timnas Indonesia berprestasi di Piala AFC U-20 muncul pada edisi 2018. Ketika itu, Timnas Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

Pada laga Grup A, Tim Merah-Putih berada satu grup dengan Qatar, Uni Emirat Arab, dan Chinese Taipei. Tim besutan Indra Sjafri itu lolos ke fase selanjutnya sebagai runner-up grup setelah menang atas UEA dan Chinese Taipei dan hanya kalah dari Qatar.

Dengan materi pemain seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan lainnya, Timnas Indonesia berjumpa Jepang di perempat final. Sebuah laga yagn sulit karena Jepang merupakan juara bertahan. Timnas Indonesia U-20 pun menyerah 0-2 dari Tim Samurai.

Berita Terkait