Nahas, Rusia Tidak Ambil Bagian pada Undian Kualifikasi Piala Eropa 2024

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 21 Sep 2022, 07:58 WIB
Timnas Rusia lolos ke Piala Eropa 2022 setelah pesta gol atas Siprus di penyisihan Grup I di Neo GSP, Nicosia Levkosia (13/10/2019). (AFP)

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Rusia mengonfirmasi ketidakhadirannya pada Kualifikasi Piala Eropa 2024. Ini adalah buntut dari invasi ke Ukraina awal tahun 2022.

Bukan cuma Timnas Rusia saja, klub-klub Rusia juga tidak diizinkan oleh UEFA untuk mengikuti kompetisi klub antar-Eropa mulai tahun ini sampai waktu yang belum ditentukan.

Advertisement

"Semua tim Rusia saat ini ditangguhkan menyusul keputusan Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang ditindaklanjuti oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada 15 Juli 2022," kata UEFA.

"Oleh karena itu Rusia tidak termasuk dalam undian kualifikasi Piala Eropa 2024."

 

2 dari 4 halaman

Rusia Ajukan Banding

Andrey Arshavin. Striker berusia 40 tahun ini tampil cemerlang bersama Timnas Rusia di Piala Eropa 2008 Austria-Swiss. Melaju hingga semifinal dan kalah 0-3 dari Spanyol, ia tampil hanya 3 kali akibat suspensi kartu merah di dua laga awal. Total ia mencetak 2 gol dan 1 assist. (AFP/Yuri Kadobnov)

Rusia berencana untuk kembali mengajukan banding kepada CAS. Ini adalah upaya kesekian lantaran pada Juli kemarin sudah dilakukan dan ditolak.

"Saat ini kami sedang menunggu teks lengkap vonis CAS," tulis Federasi Sepak Bola Rusia.

 

3 dari 4 halaman

Imbas Melebar

Akhirnya kebuntuan Rusia pecah pada dua menit injury time sebelum turun minum. Aleksei Miranchuk berhasil melesatkan bola lewat kaki kirinya setelah menerima umpan dari Dyzuba. Rusia berhasil unggul 1-0 atas Finlandia di babak pertama pertandingan. (Foto: AFP/Pool/Anton Vaganov)

Selain Piala Eropa 2024, UEFA juga melarang Rusia mengikuti Piala Dunia 2022 meski awalnya lolos ke play-off Kualifikasi Eropa.

Bahkan Timnas Rusia Putri dikeluarkan dari Piala Eropa di Inggris dan posisinya digantikan oleh Portugal.

 

4 dari 4 halaman

Kapan Kualifikasi Piala Eropa 2024?

Tangan dari pemain Timnas Rusia Dmitriy Barinov (kiri) mengenai mata dari pemain Timnas Finlandia Teemu Pukki dalam pertandingan Grup B Euro 2020 antara Finlandia melawan Rusia di Stadion Saint Petersburg, Rabu (16/6/2021). (Foto: AFP/Pool/Dmitry Lovetsky)

Jerman akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024. Adapun undian Kualifikasi akan dilakukan pada 9 Oktober di Frankfurt.

Kabarnya, Belarus juga akan dilarang untuk ambil bagian dalam turnamen Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan alasan mendukung Rusia.

Sumber: AFP/Antara

Berita Terkait